Balikpapan

Langkah Cepat Balikpapan Ciptakan Kekebalan Populasi, Warga Ber-KTP Luar Diberi Kesempatan Vaksinasi

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 469 Kali
Langkah Cepat Balikpapan Ciptakan Kekebalan Populasi, Warga Ber-KTP Luar Diberi Kesempatan Vaksinasi

Vaksinasi massal di Dome, Balikpapan (foto: pemkotbalikpapan.go.id)

Satgas Covid-19 Balikpapan berupaya keras memperluas cakupan vaksinasi. Tujuannya satu, kekebalan populasi segera tercipta.

Ditulis Oleh: Surya Aditya
11 September 2021

kaltimkece.id Kabar baik buat warga yang berdomisili di Kota Minyak tetapi tidak memegang KTP Balikpapan. Tim medis akan mengadakan vaksinasi Covid-19 khusus buat mereka. Tujuannya agar kekebalan populasi segera tercipta di kota ini. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengakui, selama ini Balikpapan belum pernah memvaksin warga non-KTP Balikpapan. Oleh karena itu, Satgas Covid-19 mengadakan vaksinasi khusus bagi mereka di Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome pada Ahad, 12 September 2021.

“Program ini dilakukan untuk mencapai target herd immunity,” kata Dio, panggilan Andi Sri Juliarty, Sabtu, 11 September 2021.

Ada 2.000 dosis vaksin Covid-19 bermerek Sinovac yang disediakan Satgas Covid-19 untuk warga non-KTP Balikpapan. Warga perlu mendaftar di vaksinasi.balikpapan.go.id. kaltimkece.id telah memeriksa situs tersebut. Ada tiga kategori vaksinasi bagi warga yang bukan ber-KTP Balikpapan. Pertama, lansia atau yang berusia di atas 60 tahun. Kedua, pra-lansia berusia 50-59 tahun. Yang terakhir, disabilitas usia di atas 18 tahun. Seluruh kategori mengharuskan warga telah berdomisili di Balikpapan.

Dio menyampaikan bahwa program vaksinasi ini memang belum bisa menjangkau seluruh warga karena dosis masih minim. Tapi, dia berjanji, vaksinasi warga non-KTP Balikpapan kembali digelar jika kuota vaksin telah ditambahkan pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan, pekan depan sudah datang lagi,” terangnya.

Vaksinasi untuk warga non-KTP Balikpapan juga digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sejak beberapa hari lalu. Kepala KKP Kelas II Balikpapan, Muhammad Zainul Mokhorobin, membenarkan, vaksinasi kali ini tidak hanya menyasar penumpang pesawat dan kapal.

“Kami juga berfokus kepada masyarakat yang ber-KTP dan bukan ber-KTP Balikpapan,” kata Zainul dikonfirmasi pada kesempatan berbeda.

Kuota dosis vaksin di KKP Balikpapan juga terbatas. Zainul menyebut, hampir setiap hari KKP menyediakan 100 dosis untuk masyarakat umum, 200 dosis untuk calon penumpang pesawat, dan 150 dosis untuk calon penumpang kapal termasuk anak buah kapal. Bagi masyarakat umum yang mau mendapatkan vaksin tersebut, bisa datang ke markas KKP di Jalan Pelita, Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan, atau Pelabuhan Semayang setiap Senin-Jumat.

 “Untuk penumpang pesawat dan kapal, dibuka pada Senin sampai Minggu,” beber Zainul.

Lembaga negara juga menyalurkan vaksin Covid-19 hingga ke pedalaman Kaltim. Kamis, 9 September 2021, TNI Angkatan Udara menembus Kampung Siduung Indah, Kecamatan Segah, Berau, untuk mendistribusikan vaksin. Komandan Pangkalan TNI AU Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Dedy Susanto, melaporkan, sudah 1.900 dosis vaksin disalurkan ke kampung yang berjarak 50 kilometer dari Bandara Kalimarau itu.

“Kami akan mengirimkan tim khusus vaksinasi untuk mengoptimalkan vaksinasi warga pedalaman Kaltim,” jelas Kolonel Pnb Dedy Susanto. (*)

Editor: Fel GM

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar