Berau

Melihat Peran Penting Berau Coal dalam Memajukan Pendidikan Bumi Batiwakkal

person access_time 8 months ago remove_red_eyeDikunjungi 952 Kali
Melihat Peran Penting Berau Coal dalam Memajukan Pendidikan Bumi Batiwakkal

Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede (kanan), menyerahkan kunci bus kepada BUMK secara simbolis. (foto: istimewa)

Di Berau, sejumlah instansi bahu-membahu memajukan pendidikan. Demi warga lokal bisa bersaing di tingkat global.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
Senin, 31 Januari 2022

kaltimkece.id PT Berau Coal kembali memberikan bantuan untuk mengembangkan pendidikan. Melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM), perusahaan tambang batu bara itu memberikan belasan unit bus dan beasiswa untuk puluhan mahasiswa. Bantuan yang menjadikan pendidikan Berau semakin berkualitas.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman kantor Bupati Berau pada Rabu, 26 Januari 2022, pukul 08.30 Wita. Ada 35 mahasiswa dari Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang mendapat bantuan beasiswa. Pada kesepatan yang sama, Berau Coal juga menyerahkan 16 unit bus kepada Badan Usaha Milik Kampung (BUMK).

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat dari Pemkab Berau. Beberapa di antaranya yakni Bupati Berau, Sri Juniarsih; Wakil Bupati Berau, Gamalis; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Ilyas Natsir; dan Kepala Dinas Pendidikan, Murjani. Turut hadir Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC), Horas Parsaulian Pardede; Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah; dan Sekretaris DPD KNPI Berau, Muhammad Muchsin.

_____________________________________________________PARIWARA

Ketua YDBBC, Horas Parsaulian Pardede, mengatakan, bantuan diberikan sebagai bukti komitmen Berau Coal mendukung program-program Pemkab Berau, terutama di bidang pendidikan dan ekonomi. Hal ini dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memajukan ekonomi masyarakat.

Pengembangan SDM, kata Horas Parsaulian, adalah program paling prioritas dari Berau Coal. Makanya, perusahaan tesebut mendirikan Politeknik Sinar Mas Berau Coal. Dengan harapan, tenaga kerja lokal bisa bersaing di tingkat global. Sejak Politeknik Sinar Mas Berau Coal didirikan lima tahun lalu, YDBBC telah memberikan beasiswa untuk 172 mahasiswanya.

Kami berikan beasiswa untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa dan mewujudkan pendidikan yang merata, jelas Horas Parsaulian.

Ihwal bantuan bus yang dikelola BUMK, diperuntukkan sebagai transportasi sekolah dan mendorong kemandirian ekonomi kampung. Sebenarnya, terang Horas Parsaulian, Berau Coal telah memberikan empat unit bus pada 2021. Sehingga, dengan adanya tambahan 16 unit pada tahun ini, sudah 20 unit bus yang disalurkan.

“Semua ini akan bermuara sebagai penggerak perekonomian,” tutur Horas Parsaulian. Ia pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dari Pemkab Berau dan sejumlah pihak yang telah ikut menyukseskan seluruh program PPM.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengungkapan, Berau Coal memberikan bantuan tak hanya sekali tetapi sudah berkali-kali. Bantuan bus yang diberikan diyakini dapat meningkatkan pendapatan asli kampung dan membantu kegiatan pelajar. Selain itu, meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan SDM yang unggulan.

Oleh karena itu, Bupati Sri Juniarsih memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Berau Coal yang kerap mendukung program-program Pemkab Berau. Dia berharap, apa yang dilakukan Berau Coal bisa menjadi suri teladan perusahaan lainnya yang beroperasi di Berau. “Terutama melakukan pembinaan, peningkatan mutu SDM di sektor pendidikan, hingga membantu penguatan ekonomi di kampung-kampung,” ujarnya.

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Ucapan terima kasih atas bantuan dari Berau Coal juga disampaikan Kepala Kampung Tumbit Dayak, Achmad Jamlan. Dia berjanji, memanfaatkan bus yang diberikan untuk keperluan kampung sehingga ekonomi kampungnya bisa meningkat. “Dengan adanya bus ini, keamanan dan keselamatan pelajar tentu semakin terjamin,” ucapnya.

Yoga Prasetya adalah salah seorang mahasiswa Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang menerima beasiswa dari Berau Coal. Ia pun mengucapkan syukur karena beasiswa yang diberikan meringankan beban keuangannya. Ia berharap, program beasiswa ini bisa berlangsung setiap tahun.

“Alhamdulillah, beasiswa ini sangat membantu saya. Jadi, saya bisa lebih fokus untuk belajar, tutur Yoga Prasetya.

Sekretaris DPD KNPI, Muhammad Muchsin, juga mengapresiasi bantuan-bantuan yang diberikan Berau Coal melalui YDBBC untuk meningkatkan kualitas masyarakat Bumi Batiwakkal. Apalagi, kata dia, Berau Coal, Pemkab Berau, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan, telah berkomitmen membangun Berau yang lebih baik.

Komitmennya sudah jelas. Tinggal kita harus bantu dan bersinergi dengan Berau Coal agar lebih baik lagi ke depannya,” ucap Muchsin. (*)

Editor: Surya Aditya

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar