Bontang

Kasus Keluarga Positif Covid-19 Meluas di Bontang, 11 Klaster Terbentuk di Kelurahan Berbas

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 559 Kali
Kasus Keluarga Positif Covid-19 Meluas di Bontang, 11 Klaster Terbentuk di Kelurahan Berbas

Kegiatan rapid test oleh petugas kesehatan di Bontang. (koresponden kaltimkece.id)

Sebaran virus corona di Bontang makin menjadi. Pembentukan klaster keluarga terus meluas.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
11 September 2020

kaltimkece.id Klaster kasus positif Covid-19 di Bontang kembali bertambah. Dengan terbentuknya klaster baru di Kelurahan Berbas. Hingga Kamis, 10 September 2020, total kasus positif virus corona di Kota Taman sudah 330.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang, Bahauddin, mengatakan bahwa pada Rabu, 9 September 2020, Satgas Penanganan Covid-19 Bontang menerima hasil terkonfirmasi positif sebanyak tujuh orang. Sehari kemudian, bertambah lagi lima orang.

Kasus itupun menambah daftar klaster keluarga di Bontang. Dengan rincian tujuh klaster Api-api, empat klaster Loktuan, lima klaster Berbas, menyusul dua klaster Berbas 2, dan empat klaster Berbas 3, yang merupakan klaster baru di kelurahan Berbas. Penamaan klaster merujuk kasus dan tempat terjadinya sumber penularan.

“Untuk membedakan klaster di tempat yang sama, maka diberi nomor urut teridentifikasinya klaster baru,” jelas Bahauddin.

Sedangkan klaster umum lainnya, yakni 226 kasus dari klaster PKT, 17 klaster HOP, terakhir nonklaster 65 orang.

Pada 6 September 2020, satu kasus berstatus probable Covid-19 yang meninggal dunia, telah terkonfirmasi positif virus corona. Dan mendapat kode 330BTG. “Pasien berusia 51 tahun dan berjenis kelamin perempuan,” ungkap Bahauddin.

Sehari sebelumnya, satu pasien suspek berusia 71 tahun berjenis kelamin pria, juga meninggal dunia pukul 00.30 Wita. Sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit dengan status probable dan telah dimakamkan sesuai tata cara pemulasaran jenazah Covid-19.

Hingga saat ini ditunggu 469 hasil pemeriksaan swab PCR dari jumlah yang diterima 6948 sampel. Sedangkan yang sedang di rawat di rumah sakit berjumlah 24 orang, menyusul 162 telah selesai menjalani isolasi. (*)

 

Dilengkapi oleh koresponden kaltimkece.id di Bontang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar