WARTA

Gerak Cepat Bakal Calon Perseorangan Kumpulkan Puluhan Ribu Dukungan di Menit Akhir

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 240 Kali
Gerak Cepat Bakal Calon Perseorangan Kumpulkan Puluhan Ribu Dukungan di Menit Akhir

Bakal calon pasangan jalur perseorangan di Pilkada Kukar 2020, Ghufron Yusuf-Ida Prahastuty.

Tahapan perbaikan dukungan bakal calon perseorangan berakhir. Sejumlah pasangan memenuhi kekurangan syarat minimal.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
28 Juli 2020

kaltimkece.id Batas akhir perbaikan dukungan minimal bakal calon kepala daerah jalur independen, berakhir Senin, 27 Juli 2020. Drama menit akhir pun mewarnai pelaksanaannya di Kaltim.

Di Kukar, bakal pasangan calon bupati/wakil bupati jalur perseorangan, Ghufron Yusuf-Ida Prahastuty, menyerahkan 45.042 dukungan dari 10 kecamatan dan 108 di kabupaten tersebut. Melebihi syarat minimal 40.438 dukungan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar.

Semula, pasangan ini hanya berhasil mengumpulkan 21.054 dukungan setelah verifikasi faktual oleh KPU Kukar. Dalam masa perbaikan, Ghufron-Ida bergerilya melengkapi kekurangan tersebut. "Ketika diputuskan, malamnya langsung bekerja. Tim bergerak ke seluruh kecamatan," sebut Ghufron Yusuf kepada koresponden kaltimkece.id Kukar, Senin, 27 Juli 2020.

Mengumpulkan puluhan ribu suara dalam waktu singkat, tim pasangan ini memperluas jangkauan dukungan dengan menambah tiga kecamatan yang sebelumnya belum dijajaki. Yakni Kecamatan Tabang, Kenohan, dan Muara Wis. "Ada yang kami cadangkan, bisa kita manfaatkan. Tinggal menambahkan kekurangannya," lanjut Ghufron.

Ida Prahastuty menambahkan, kekurangan dukungan setelah verifirkasi faktual memang telah diantisipasi. Melalui pencadangan, hingga tim yang terus bergerak. "Mudahan ke depan semua terkondisikan dengan baik. Sehingga tidak ada kendala lagi untuk lolos.

Sementara itu dari Paser, bakal calon pasangan bupati/wakil bupati Tony Budi Hartono-Aji Sayid Fatur Rahman, melengkapi dukungannya ke KPU Paser pada Minggu, 26 Juli 2020.

"Kami menyetorkan dukungan perbaikan melebihi kebutuhan minimal. Sebagai antisipasi jika terdapat dukungan tidak memenuhi syarat," sebut Ketua Kelompok Kerja Pasangan Tony-Fatur, Kasmuji, kepada koresponden kaltimkece.id di Paser, Minggu.

Sebelumnya, Tony-Fatur masih kurang 3.614 syarat dukungan minimal untuk dapat melanjutkan ke tahapan pencalonan jalur independen. Dari semula hanya mengumpulkan 14.969 dukungan, berhasil ditambah 11.321 dukungan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser, Abdul Qayyim Rasyid, mengungkapkan jika pasangan tersebut telah memenuhi syarat dukungan di lebih 50 persen jumlah kecamatan. "Kami akan melakukan verifikasi administrasi terhadap perbaikan dukungan calon perseorangan tersebut. Diagendakan 28 Juli hingga 4 Agustus mendatang," pungkas Qayyim. (*)

 

Dilengkapi oleh koresponden kaltimkece.id di Kukar dan Paser

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar