Kutai Barat

Pesan Persaudaraan dan Kerukunan Dalam Musda ke-IV Ikapakarti Kutai Barat

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 292 Kali
Pesan Persaudaraan dan Kerukunan Dalam Musda ke-IV Ikapakarti Kutai Barat

Musda ke-IV Ikapakarti Kutai Barat, Sabtu, 19 November 2022. Istimewa.

Guyub Rukun menjadi semangat yang diusung Ikapakarti. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
Senin, 21 November 2022

kaltimkece.id Ketua Umum DPP Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kaltim, Rusmadi Wongso menitipkan pesan penting kepada Pengurus Ikapakarti Kutai Barat. Kepada pengurus baru, Rusmadi berpesan agar mereka mampu merumuskan strategi organisasi yang tepat dan mampu menjalin hubungan komunikatif dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah di Kutai Barat. Upaya ini dalam rangka membangun iklim dan suasana kehidupan bermasyarakat yang aman dan damai di Tanaa Purai Ngeriman.

“Ikapakarti hadir dalam rangka mendorong Tiang Jawi di Kaltim hidup Guyub Rukun, tolong menolong dalam wadah Ikapakarti,” pesan Rusmadi ketika membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Ikapakarti Kutai Barat di Balai Pertemuan Umum Kantor Petinggi, Kampung Linggang Purwodadi, Kecamatan Linggan Bigung, Kutai Barat, Sabtu, 19 November 2022.

Pesan yang disampaikan Rusmadi itu merupakan amanah dari para sesepuh pendiri Ikapakarti. 19 tahun yang lalu, persisnya 16 Juli 2023, Ikapakarti pertama kali didirikan. Kala itu, Rusmadi bercerita, para sesepuh pendiri Ikapakarti bercita-cita agar organisasi sosial kemasyarakatan ini menjadi rumah besar berbagai paguyuban kedaerahan dan seni budaya warga asal tanah Jawa di Bumi Etam.

Pun, sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, Rusmadi juga mengajak anggotanya membantu sesama. Baik di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian lokal. Baik melalui koperasi maupun mendirikan UMKM.

Tak hanya itu, ia berharap para pengurus Ikapakarti juga mendorong ekonomi kerakyatan. Salah satu langkahnya dengan mendorong terbentuknya koperasi yang mendukung UMKM lokal.

Bupati Kutai Barat FX. Yapan dalam sambutan yang dibacakan Kepala BKAD Kubar, Suhadi juga berharap pengurus Ikapakarti Kubar yang terpilih dan dilantik dapat berkontribusi nyata membantu pemerintah membangun Tanaa Purai Ngeriman – sebutan Kutai Barat. Ia berharap, pengurus Ikapakarti Kutai Barat terus membangun, meningkatkan serta memelihara sinergi serta komunikasi antara pemerintah, paguyuban dan organisasi-organisasi di Kutai Barat.

Mewakili DPD Ikapakarti Kubar, Puncan Karna, berharap Musda kali ini bisa terpilih kepengurusan yang baru, yang mampu mengemban amanah menjadikan organisasi ini lebih baik. Sehingga bisa sinergi dengan Pemkab Kubar dan turut dalam pembangunan.

Ketua Panitia dr. Waluyo menjelaskan musyawarah kali ini untuk memilih Ketua dan pengurus Ikapakarti Kubar masa bakti 2022-2027. Ia melaporkan ada 45 paguyuban yang mendapat hak pilih dalam Musda kali ini. Terdiri dari perwakilan kampung Jawa, paguyuban daerah dan paguyuban kesenian. Penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dana murni iuran segenap warga Jawi.

Musda kali ini akhirnya memutuskan Suharna sebagai Ketua Ikapakarti Kubar masa bakti 2022-2027. Suharna yang karib disapa Harno atau Bang Roma ini sekarang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kutai Barat.

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar