Kutai Kartanegara

120 Personel Satpol PP Dikerahkan Amankan Belimbur Erau 2022

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 241 Kali
120 Personel Satpol PP Dikerahkan Amankan Belimbur Erau 2022

Kepala Satpol PP Kukar, Fida Hurasani.

Mengantisipasi pengacau Erau, ratusan petugas Satpol PP akan disebar di Tenggarong.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Sabtu, 01 Oktober 2022

kaltimkece.id Prosesi ritual adat belimbur atau siram-siraman dijadwalkan diadakan besok, Ahad, 2 Oktober 2022, di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Demi menjamin acara ini berjalan lancar dan aman, Pemerintah Kabupaten Kukar menerjunkan 120 personel Satuan Polisi Pamong Praja alias Satpol PP.

“120 anggota kami itu akan berpatroli dan ditempatkan di 19 titik du Tenggarong,” beber Kepala Satpol PP Kukar, Fida Hurasani, kepada kaltimkece.id, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pengerahan personel ini untuk memastikan pelaksanaan belimbur sesuai aturan dan tata cara yang dititahkan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Muhammad Arifin. Dengan begitu, masyarakat dapat mengikuti tradisi tersebut dengan rasa aman dan nyaman.

Bentuk pengamanannya pun menggunakan dua tipe. Pertama, patroli keliling di lokasi belimbur. Lokasinya dari Kepala Benua (Kelurahan Mangkurawang) hingga Buntut Benua (Pal 4 Timbau) yang panjangnya mencapai 10 kilometer. Tipe berikutnya yakni menempatkan personel Satpol PP di beberapa titik yang dianggap strategis dan rawan.

“Kami mengimbau kepada warga yang terlibat dalam kegiatan berlimbur harus menaati aturan-aturan yang dikeluarkan pihak kesultanan,” ujar Fida Hurasani. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar