Kutai Kartanegara

Bangkitkan Petani Muda, Pemkab Kukar Perbanyak Fasilitas Berteknologi

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 185 Kali
Bangkitkan Petani Muda, Pemkab Kukar Perbanyak Fasilitas Berteknologi

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Warga Kukar, terutama para pemuda, diminta tidak ragu menjadi petani. Kukar diproyeksikan menjadi lumbung pangan.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Selasa, 22 November 2022

kaltimkece.id Jumlah petani di Kutai Kartanegara dilaporkan sedikit. Padahal, kabupaten ini diproyeksikan menjadi lumbung pangan yang dapat menyuplai kebutuhan Ibu Kota Negara Nusantara. Untuk mengatasi masalah sumber daya manusia ini, Pemerintah Kabupaten Kukar akan meningkat fasilitas pertanian berbasis teknologi.

Kepada kaltimkece.id, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, melaporkan, jumlah petani di Kukar tak sampai 42 persen dari total penduduk. Ia menilai, jumlah tersebut masih kurang untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan yang mampu memenuhi kebutuhan IKN Nusantara. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJD) Kukar 2021-2026, Pemkab Kukar menyiapkan lahan seluas 7.628 hektare di lima kecamatan untuk mewujudkan proyek tersebut.

“Penurunan jumlah petani di Kukar lebih tinggi dibanding sembilan kabupaten/kota lain di Kaltim,” sebut Bupati.

Melihat kondisi tersebut, ia mengajak seluruh warga Kukar, terutama generasi milenial, tidak ragu-ragu menjadi petani. Menurutnya, petani juga termasuk profesi yang memiliki keuntungan besar. Ia menyebutkan nama salah seorang pemuda yang tinggal di Kecamatan Muara Jawa, Kukar, sebagai contoh petani muda sukses. Pemuda itu bahkan disebut meraih prestasi tingkat nasional di bidang ketahanan pangan yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Saya optimistis, pemuda Kukar akan berada di garda terdepan dalam perjuangan kita membangun pangan,” ucap Bupati Edi.

Menjadi petani di Kukar juga tidak sulit. Bupati mengatakan, kini sudah banyak fasilitas pertanian berbasis teknologi di Kukar. Ia pun memastikan, fasilitas tersebut ditambah. “Kami terus mendorong dan memfasilitasinya agar generasi muda lebih aktif di sektor pertanian,” tandasnya. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar