Kutai Kartanegara

Belasan Ribu Warga Kukar Terima Bantuan Beras 10 Kg dan Uang Tunai dari Pemerintah Pusat

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 309 Kali
Belasan Ribu Warga Kukar Terima Bantuan Beras 10 Kg dan Uang Tunai dari Pemerintah Pusat

Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono. (aldi budiaris/kaltimkece.id)

Bantuan tambahan berupa 10 kilogram beras masing-masing ditujukan kepada 16 ribu warga Kukar.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
24 Juli 2021

kaltimkece.id Bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 kembali bergulir di Kutai Kartanegara alias Kukar. Kali ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Bantuan tambahan tersebut ditujukan kepada 16 ribu warga Kukar berupa masing-masing 10 kilogram beras.

Jumat, 23 Juli 2021, Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono, menyebut bahwa bantuan tersebut bakal disalurkan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Sosial Kukar. Saat ini tahap verifikasi data warga sesuai kriteria penerima bantuan dari pemerintah pusat.

Pendataan penerima bantuan dari pemerintah pusat sebenarnya sudah pernah dilakukan Pemkab Kukar. Namun demikian, pendataan mesti dilakukan ulang karena tak sedikit penerima yang tak lagi sesuai kriteria. "Mungkin warga bersangkutan pindah domisili atau meninggal dunia," sebut Sunggono kepada kaltimkece.id.

Setelah pendataan dirampungkan Dinas Sosial Kukar, para penerima bakal dikirim ke Kementerian Sosial untuk divalidasi kembali. Setelahnya, baru lah bantuan dikirim ke daerah. “Semua data harus dikonfirmasi ke pusat,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Kukar, Didi Ramyadi, menyebut bahwa bantuan tersebut dikemukakan pemerintah seiring kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM yang tengah bergulir. Direncanakan selambat-lambatnya diterima masyarakat pada awal Agustus mendatang. "Beras itu akan disalurkan secepatnya. Saat ini verifikasi data penerima," sebut Didi.

Adapun dalam pendistribusiannya kelak, Dinas Sosial Kukar menjalin kerja sama dengan Kantor Pos di Tenggarong. Mengenai waktu pelaksanaannya, masih menunggu kepastian pemerintah pusat. Termasuk kapan bala bantuan tersebut tiba di kabupaten ini. "Penyalurannya nanti melalui jasa Kantor Pos," terang dia.

Selain itu, masyarakat tidak mampu juga akan diberikan bantuan dalam bentuk lain. Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bantuan tersebut secara langsung diserahkan kepada masyarakat setiap bulan melalui rekening pribadi penerima.

Adapun bantuan PKH diberikan kepada penyandang disabilitas sebesar Rp 200 ribu; kepala keluarga yang memiliki anak di bawah enam bulan Rp 250 ribu; dan ibu hamil Rp 250 ribu. Sedangkan Bantuan Pangan Nontunai atau BPNT diberikan kepada kepala keluarga sebesar Rp 200 ribu.

"Bantuan tunai sudah berjalan, mereka Sudah terima semuanya. Saat ini bantuan beras yang kembali akan diberikan," pungkasnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar