Kutai Kartanegara

Entaskan Stunting di Kukar, Pemkab Bentuk 477 Tim Pendamping Keluarga

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 224 Kali
Entaskan Stunting di Kukar, Pemkab Bentuk 477 Tim Pendamping Keluarga

Kepala DPPKB Kukar, Adianur.

Tim ini beranggotakan bidan, kader PKK dan KB. Semuanya sudah disebar ke sepenjuru Kukar.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Selasa, 22 November 2022

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tak main-main menangani stunting. Dalam upaya mengatasi masalah gagal tumbuh terhadap balita akibat dari kekurangan gizi kronis ini, pemkab membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebanyak 477 tim. Tim ini disebar ke sepenjuru Kukar untuk menyosialisasikan dan mendampingi masyarakat yang berisiko mengalami stunting.

Kepada kaltimkece.id pada Rabu, 16 November 2022, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kukar, Adianur, menyebutkan, masing-masing tim tersebut beranggotakan tiga orang sehingga total keseluruhannya sebanyak 1.431 orang. Setiap anggota terdiri dari bidan, kader pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), dan kader keluarga berencana (KB). Seluruh anggota TPK berstatus relawan dan mengantongi surat keputusan dari pemerintah kelurahan atau desa yang menjadi tempat mereka bertugas.

“Alhamdulillah, tim ini sudah berjalan. Sebanyak 477 Tim Pendamping Keluarga sudah disebar ke 237 kelurahan dan desa di Kukar,” beber Adianur.

Adapun detail tugas TPK, sambung dia, yakni mendampingi calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan keluarga yang memiliki balita. Oleh tim, mereka akan diberi pengarahan supaya anak-anak mereka tidak mengalami stunting. Salah satu arahannya adalah mengonsumsi makan-makanan bergizi.

“Risiko ini kita cegah tapi tidak bisa sendiri, harus melalui konvergensi dan kerja sama lintas sektoral,” kata Adianur.

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar