Kutai Kartanegara

Lancarkan Belimbur, BPBD Kukar Siap Fasilitasi Air Bersih

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 245 Kali
Lancarkan Belimbur, BPBD Kukar Siap Fasilitasi Air Bersih

Suasana belimbur di Kukar dalam pelaksanaan Erau beberapa tahun lalu.

Masyarakat diingatkan tidak menggunakan air kotor dalam prosesi belimbur, sebagaimana titah Sultan Kutai.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Sabtu, 01 Oktober 2022

kaltimkece.id Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kutai Kartanegara akan menyediakan air bersih dalam pelaksanaan belimbur atau siram-siraman pada Ahad, 2 Oktober 2022. Pelaksana tugas BPBD Kukar, Edy Mardian, mengatakan, air tersebut berasal dari Sungai Mahakam.

“Jadi, masyarakat tidak sembarangan menggunakan air. Kami yang akan memfasilitasinya,” jelas Edy, Sabtu 1 Oktober 2022.

Belimbur adalah rangkaian kegiatan upacara adat Erau yang diadakan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Tenggarong. Sultan Kutai Ing Martadipura, Aji Muhammad Arifin, yang akan mengawali jalannya belimbur dengan memercikkan air Sungai Mahakam kepada seluruh kerabat kesultanan. Masyarakat umum kemudian melanjutkannya.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, BPBD Kukar bakal menerjunkan 20 personel dan bekerja sama dengan sejumlah komunitas balakarcana di Tenggarong. Mereka bertugas mengisi air bersih ke drum-drum dan tandon yang disiapkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Kukar dan warga. Selain itu, mereka juga akan mengamankan prosesi belimbur. Ini dilakukan agar masyarakat dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan aman dan nyaman.

“Kami akan menurunkan satu Tim SAR (pencarian dan pertolongan) sebagai persiapan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat prosesi belimbur berlangsung,” imbuh Edy.

Dengan adanya suplai air dan tempat penampungan yang disiapkan Pemkab Kukar, Kepala BPBD Kukar berharap, masyarakat tidak menggunakan air kotor saat mengikuti belimbur. Sultan Aji Muhammad Arifin pun mengamanatkan demikian. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar