Kutai Kartanegara

Memopulerkan Pariwisata dan Produk Lokal lewat Wonderful Kukar Festival 2022

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 457 Kali
Memopulerkan Pariwisata dan Produk Lokal lewat Wonderful Kukar Festival 2022

Pemkab Kukar mengadakan rapat persiapan Wonderful Kukar Festival 2022.

Festival ini akan menghadirkan sejumlah musisi terkenal. Demi mendongkrak popularitas destinasi wisata dan usaha lokal.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Senin, 12 Desember 2022

kaltimkece.id Sejumlah musisi ternama dan pelaku kesenian lokal siap menghibur warga Kutai Kartanegara. Mereka dijadwalkan manggung di Tenggarong Seberang pada pertengahan bulan ini. Sebuah hajatan yang digagas Pemerintah Kabupaten Kukar untuk menggeliatkan usaha mikro, kecil, dan menengah alias UMKM dan mendongkrak popularitas objek wisata.

Kepada kaltimkece.id pada Senin, 12 Desember 2022, Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan, pemkab akan mengadakan konser bertajuk Wonderful Kukar Festival 2022 selama dua hari, 14-15 Desember 2022. Lokasinya di lapangan Parkir Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang. Dalam konser tersebut, pemkab mendatangkan sejumlah musisi dari ibu kota, antara lain, RAN dan Feby Putri. Sejumlah musisi lokal juga dilibatkan. Acara ini bagian dari Program Kukar Kaya Festival dan Kukar Creative Idaman.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi bersama operasi perangkat daerah, termasuk pihak keamanan untuk menyukseskan acara ini,” jelas Slamet.

Agar acara semakin meriah, pemkab juga akan menghadirkan sejumlah UMKM. Slamet mengatakan, acara tersebut diadakan untuk mempromosikan pariwisata dan UMKM di Kukar, khususnya usaha kuliner dan oleh-oleh. “Di samping memberikan hiburan, acara ini juga harus memberikan multiplier effect,” ucapnya.

Mengingat pandami Covid-19 belum berakhir, pemkab membuat sejumlah kebijakan. Penonton Wonderful Kukar Festival 2022 di ruangan dibatasi hanya 4.000 orang sedangkan di luar ruangan 1.000 orang. Pengunjung pun diwajibkan telah menerima vaksin Covid-19 minimal dua kali. “Kami juga menyediakan gerai vaksinasi di tempat konser bagi pengunjung yang belum booster,” beber Slamet.

Infografik Pemkab Kukar mengadakan konser bertaraf nasional.
DESAIN GRAFIK: M IMTINAN NAUVAL-KALTIMKECE.ID

 

Ketua panitia Wonderful Kukar Festival 2022, Akbar Haka Saputra, melaporkan, progres pelaksanaan konser tersebut telah mencapai 75 persen. Melihat akan dihadiri musisi terkenal, acara ini diperkirakan dihadiri 5.000 orang dari Kukar dan beberapa daerah di Kaltim.

Akbar pun mengatakan, acara ini dibuat untuk mempromosikan objek wisata dan produk-produk buatan warga Kukar. “Dalam acara nanti, kami akan menyediakan informasi tentang destinasi unggulan karena yang datang itu banyak pemuda dari luar Kukar,” bebernya. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar