Kutai Kartanegara

Misi Besar TNI Membangun Pertanian, Jalan 9 Km, dan 16 Jembatan di Kukar dalam Sebulan

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 359 Kali
Misi Besar TNI Membangun Pertanian, Jalan 9 Km, dan 16 Jembatan di Kukar dalam Sebulan

TNI akan membangun sejumlah infrastruktur pertanian di Desa Panca Jaya, Kukar. (foto: aldi/kaltimkece.id)

Proyek ini melibatkan TNI, kepolisian, masyarakat sipil, dan mahasiswa. Tujuannya menyejahterakan petani.

Ditulis Oleh: Aldi Budiaris
Rabu, 27 Juli 2022

kaltimkece.id Aparat gabungan akan membangun 117 hektare lahan pertanian, jalan sepanjang 9 kilometer, dan 16 unit jembatan di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Proyek yang digagas Komando Distrik Militer 0906/Kukar ini ditarget kelar dalam waktu sebulan.

Kepada kaltimkece.id, Selasa, 26 Juli 2022, Komandan Distrik Militer 0906/Kukar, Letnan Kolonel Infanteri Jeffry Satria, menjelaskan, proyek tersebut merupakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114. Program ini berlangsung selama sebulan, 26 Juli hingga 24 Agustus 2022.

“Dalam kegiatan TMMD ini, ada 190 orang yang terlibat, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, masyarakat, dan mahasiswa,” beber Letkol Jeffry.

_____________________________________________________PARIWARA

Untuk membangun 117 hektare lahan pertanian, jalan sepanjang 9 kilometer, dan 16 unit jembatan itu, Letkol Jeffry menyebutkan, diperlukan Rp 5,2 miliar. Semua anggarannya bersumber dari APBD Kukar. Tim TMMD juga akan membangun saluran irigasi di Desa Panca Jaya. Ini dilakukan karena selama ini para petani mengandalkan air hujan untuk mengairi pertaniannya.

“Dengan infrastruktur yang meningkat, diharapkan hasil panen juga meningkat dan petani semakin sejahtera,” ujarnya. Ia menambahkan, proyek ini juga untuk mendukung Kukar sebagai penyangga ibu kota negara Nusantara.

Program TMMD tersebut disambut baik Bupati Kukar. Edi Damansyah. Dia mengatakan, program ini sejalan dengan program Pemkab Kukar yaitu mengembangkan pertanian berbasis kawasan. Tujuan dari program ini adalah menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kaltim dan IKN.

“Saya kira, lokasinya (Desa Panca Jaya) sudah tepat, kegiatannya pun tepat, baik dari sisi potensi desa yang menjadi lokus maupun masyarakat kabupaten,” tutur Bupati Edi.

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Sementara itu, Camat Muara Kaman, Barliang, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0906/Kukar yang memilih Desa Panca Jaya sebagai lokasi TMMD. Infrastruktur jalan tani, lahan pertanian, jaringan irigasi, serta jembatan, dipastikan sangat bermanfaat bagi warga Muara Kaman, khususnya penduduk Desa Panca Jaya yang mayoritas berprofesi sebagai petani sawah dan hortikultura.

“Potensi pertanian di desa ini luar biasa karena ketersediaan lahannya banyak,” ucap Camat Barliang.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Syah’rani, menambahkan, Muara Kaman telah ditetapkan pemerintah daerah sebagai kawasan pertanian terpadu. Ia menyebut, terdapat 300 hektare lahan pertanian di kecamatan tersebut. Oleh sebab itu, program TMMD selaras dengan program Pemkab Kukar.

“Kami merasa terbantu dengan program TNI membangun kawasan pertanian ini. Tinggal bagaimana kolaborasi dalam pengembangannya nanti,” kata Syah’rani. (*)

Editor: Surya Aditya

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar