Kutai Kartanegara

Sinyal Dukungan Ketua Dewan Syuro PKS, Bunda Vita Mantap di Pilkada Kukar

person access_time 7 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1976 Kali
Sinyal Dukungan Ketua Dewan Syuro PKS, Bunda Vita Mantap di Pilkada Kukar

Bunda Vita (kanan) bertemu Ketua Dewan Syuro DPP PKS Salim Segaff Al Jufri di Jakarta, 23 Januari 2020 (foto: istimewa).

Perjalanan Dr Novita Ikasari menapaki Pilkada Kukar makin serius. Undangan dari Ketua Dewan Syuro DPP PKS Salim Segaff Al Jufri adalah buktinya. 

Ditulis Oleh: Fachrizal Muliawan
27 Januari 2020

kaltimkece.id Pemilihan Bupati Kutai Kartanegara semakin dekat. Komunikasi di antara kandidat dan partai politik pun kian intens. Salah satunya adalah Dr Novita Ikasari yang disebut telah mendapat sinyal kuat dukungan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. 

Kepada kaltimkece.id, perempuan yang akrab disapa Bunda Vita itu mengaku, telah berkomunikasi dengan beberapa bakal calon. Seorang di antaranya adalah Darlis Pattalongi, ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Amanat Nasional Kaltim. Sama seperti dirinya, Darlis sudah mendaftar sebagai bakal calon di koalisi 531 yang dibentuk PKS, PAN, dan PPP di Kukar. 

"Insya Allah mendekati kesepakatan berpasangan," ujarnya. Komunikasi tatap muka, lanjut Bunda Vita berlangsung di Samarinda pada Selasa, 21 Januari 2020, di kediamannya. Bunda Vita menuturkan, beberapa hal harus dimantapkan yakni persoalan teknis. "Ada detail-detail yang mesti disepakati," terangnya, Senin, 27 Januari 2020.

Sejak menyatakan maju dalam kontestasi Pilbup Kukar, Bunda Vita telah mendaftar dalam koalisi 531. Nama koalisi tersebut diambil dari jumlah kursi tiap-tiap anggota koalisi di DPRD Kukar. PAN dengan lima kursi, PKS tiga kursi, dan PPP satu kursi.

Sinyal Dukungan PKS?

Dari koalisi 531, Bunda Vita mengatakan, telah menerima sinyal dukungan dari PKS. Setelah menyampaikan visi-misi di depan pengurus PKS, Bunda Vita menerima undangan. Tidak tanggung-tanggung, Ketua Dewan Syuro DPP PKS Salim Segaff Al Jufri yang mengundangnya di Jakarta, 23 Januari 2020. 

“Alhamdulillah, dalam pertemuan tersebut, saya menyampaikan niat maju di Pilkada Kukar," terangnya. Niat tersebut, lanjut Bunda Vita, disambut positif oleh Salim Segaff. Ketua dewan syuro lantas memberi dukungan kepada Bunda Vita. 

Salah satu akses menuju ketua Dewan Syuro DPP PKS memang diakui Bunda Vita berasal dari suaminya, Umar Al Jufri. Sang suami adalah sepupu Salim Segaff. Meski demikian, Bunda Vita menyebut, hal tersebut bukan menjadikan dirinya istimewa. 

"Siapapun punya peluang yang sama," terangnya. Sebagi contoh, dia harus melewati prosedur yang ditetapkan oleh partai. 

Ketua DPD PKS Kukar, Firnandi Ikhsan, menjelaskan bahwa PKS Kukar baru mendengarkan visi-misi dari bakal calon yang telah mendaftar. Proses tersebut berlangsung pada Minggu, 26 Januari 2020.

 "Dengan proses yang masih panjang, belum bisa dipastikan siapa yang kami usung," tuturnya. Tiket dukungan dari PKS, lanjut dia, mesti melewati proses di DPW PKS Kaltim.

Firnandi menuturkan, telah meminta arahan ke DPW PKS Kaltim. Semua kandidat bakal calon yang mendaftar, kata dia, punya kesempatan yang sama. Namun demikian, ia tak memungkiri bila kekerabatan antara Bunda Vita dan ketua dewan syuro partai bisa membuka jalur komunikasi ke DPP PKS. Namun harus diingat, PKS hanya punya tiga kursi. Untuk mengusung calon, sebuah koalisi minimal mesti punya sembilan kursi. (*)

Editor: Fel GM 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar