Penajam Paser Utara

Jembatan Pulau Balang Diklaim Rampung Tahun Ini, Mulai Uji Coba Maret-April 2021

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 567 Kali
Jembatan Pulau Balang Diklaim Rampung Tahun Ini, Mulai Uji Coba Maret-April 2021

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten PPU Nicko Herlambang. (koresponden kaltimkece.id)

Jembatan Pulau Balang kurang 6 meter lagi untuk tersambung. Namun tersisa sisi pendekat di Balikpapan yang masih harus dikebut.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
23 Oktober 2020

kaltimkece.id Penantian panjang realisasi Pulau Balang semakin dekat. Progresnya diklaim 90 persen. Tersisa 6 meter untuk menuntaskan bentang panjang jembatan yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan tersebut.

“Saat ini pembangunan jembatan bentang panjang tersisa sekitar 6 meter lagi," ungkap Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten PPU Nicko Herlambang ketika ditemui koresponden kaltimkece.id, Rabu, 21 Oktober 2020.

Nicko optimistis proyek yang dimulai sejak 2013 tersebut rampung tahun ini. Proses uji coba jembatan Pulau Balang untuk bentang panjang juga telah dijadwalkan pada Maret atau April 2021. 

“Masih ada satu alat lagi diperlukan untuk memonitor kondisi jembatan yang pengadaannya akan dilelang pemerintah pusat pada awal 2021,” ujarnya. 

“Pengetesan jembatan secara utuh baru bisa dilakukan setelah alat untuk memantau kondisi jembatan sudah terpasang,” sambung Nicko. 

Sebelumnya, pengerjaan bentang pendek Jembatan Pulau Balang sepanjang 470 meter telah rampung pada 2015. Bersumber dari pembiayaan APBD Kaltim sebesae Rp 425 miliar. Sementara pengerjaan bentang panjang jembatan sepanjang 804 meter dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari APBN lebih kurang Rp 1,3 triliun lewat skema kontrak tahun jamak atau multiyears contract. 

Adapun untuk akses darat dari sisi PPU sudah terbuka dan terhubung ke Jembatan Pulau Balang. “Kami harap akses darat dari sisi Balikpapan cepat terselesaikan dan segara dibuka agar pembangunan jembatan itu tidak sia-sia,” ucapnya. 

Jembatan Pulau Balang juga direncanakan terkoneksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Serta terhubung akses wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru di PPU dan Kutai Kartanegara. 

Jembatan Pulau Balang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia. Proyek ini dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bersama Pemkab PPU, Pemkot Balikpapan, dan Pemprov Kaltim. 

Keseluruhan infrastruktur Jembatan Pulau Balang terbagi antara jalan pendekat sisi Balikpapan dan PPU, bentang jembatan pendek, dan bentang panjang. Pemkab PPU kebagian jatah pembebasan lahan akses pendekat dari Buluminung sampai Pantai Lango dengan panjang 20 kilometer. (*)

 

Dilengkapi oleh koresponden kaltimkece.id di Penajam Paser Utara

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar