Pendidikan

Berharap Ilmu Bermanfaat di Kampung, Mahasiswa Mahakam Ulu Adakan Literasi Jurnalistik

person access_time 3 months ago remove_red_eyeDikunjungi 542 Kali
Berharap Ilmu Bermanfaat di Kampung, Mahasiswa Mahakam Ulu Adakan Literasi Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik mahasiswa Mahakam Ulu bersama kaltimkece.id. (samuel gading/kaltimkece.id)

Pelatihan digelar untuk meningkatkan pengetahuan serta literasi jurnalistik para mahasiswa.

Ditulis Oleh: Muhibar Sobary Ardan
28 Juni 2021

kaltimkece.id Tatapan mata Budimus Lilin tampak tajam memperhatikan materi jurnalistik yang ditayangkan di dinding ruang tengah sore itu. Sesekali, tangannya menari di atas kertas, mencatat poin-poin yang dirasa penting olehnya menggunakan pulpen berwarna biru. Seduhan kopi yang ia buat pun turut menemaninya mengikuti forum itu.

Sabtu, 26 Juni 2021, Ketua Ikatan Mahasiswa Kabupaten Mahakam Ulu (IMKMU) Kaltim tersebut mengikuti pelatihan jurnalistik di Kantor Pokja 30 Samarinda, Jalan Gitar, Komplek Preveb, Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda. Bersama tujuh rekan asal kabupaten berjuluk Urip Kerimaan itu, Budi mengikuti acara yang bekerja sama dengan media kaltimkece.id.

"Sebenarnya ada 15 orang mau ikut. Karena ada kesibukan lain jadi dibikin tiga sesi sampai Senin," ujar pria 19 tahun asal Kampung Tiong Bu'u, Kecamatan Long Apari, Mahulu, kepada kaltimkece.id saat jeda istirahat kegiatan jurnalistik itu.

Budimus Liling merupakan mahasiswa angkatan 2019, Universitas 17 Agustus Samarinda. Sebagai mahasiswa angkatan empat Fakultas Hukum itu, dasar-dasar jurnalistik sebagaimana dikatakannya sangatlah tidak familier. Pertimbangan itulah yang membuatnya mengikuti pelatihan tersebut. Tak lupa, ia berharap pengetahuan lebih didapatkan dari kegiatan literasi jurnalistik tersebut.

Ia pun menilai materi yang dijelaskan oleh wartawan kompetensi utama kaltimkece.id, Robithoh Johan Palupi sangat mudah dipahami. Menurut Budi—sapaan karibnya—materi jurnalistik yang dijelaskan sangat menarik. Terlebih, sambung dia, contoh liputan serta praktik lapangan turut dilakukan. Hal ituilah yang menyebabkan materi mudah dicerna olehnya.

Pelatihan jurnalistik yang diadakan ini merupakan rangkaian peningkatan kualitas SDM mahasiswa asal Mahulu. Budimus Liling mengatakan, nantinya diadakan pelatihan jurnalistik lanjutan. Selain itu, forum pelatihan terkait keterbukaan informasi, APBD, dan pelatihan-pelatihan lanjutan yang menunjang minat dan bakat anggota akan terus dilakukan untuk mahasiswa.

"Semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat ketika pulang ke kampung, selain itu misal ada yang ketertarikan lebih bisa dijadikan untuk pekerjaan juga," tutupnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar