Pendidikan

Kelompok KKN Unmul Gelar Webinar Kapasitas Promosi dan Pengelolaan Dana Wirausaha

person access_time 4 days ago remove_red_eyeDikunjungi 210 Kali
Kelompok KKN Unmul Gelar Webinar Kapasitas Promosi dan Pengelolaan Dana Wirausaha

Webinar kewirausahaan garapan gabungan kelompok KKN Unmul. (repro/istimewa)

Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Kelompok KKN UMKM 137, 127 dan 030 Samarinda.

Ditulis Oleh: Samuel Gading
21 Juli 2021

kaltimkece.id Bukan rahasia bahwa pandemi Covid-19 menghantam roda ekonomi Bumi Etam. Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik Kaltim, Kaltim Dalam Angka, 2020, seluruh daerah kabupaten/kota di Kaltim memperoleh angka minus dalam tabel Laju Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan 2010 Menurut Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur 2016-2020.

Apabila ditelaah lebih dalam berdasarkan rilis BPS Kaltim, sektor pertambangan batu bara masih menjadi penggerak terbesar pembentukan PDRB Kaltim. Sektor pertambangan dan penggalian punya andil 38,90 persen dalam membentuk PDRB Kaltim.

Padahal, pada kuartal II (April-Juni) 2020, lapangan usaha tersebut mengalami penurunan signifikan, turun 6,31 persen dibanding kuartal I secara quarter to quarter. Sektor tersebut pun masih jauh dari kata bangkit pada kuartal III karena hanya tumbuh 1,53 persen dibanding kuartal II (q to q).

Akademikus Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul), Arwin Sanjaya, mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa Kaltim perlu opsi ekonomi alternatif untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kaltim tidak bisa lagi bergantung pada industri yang berskala besar. Khususnya industri ekstraktif. Kita butuh alternatif,” ucapnya, Minggu, 18 Juli 2021.

Dia mengatakan, salah satu solusi yang tersedia adalah dengan mendorong usaha mikro kecil dan menengah. Bertepatan munculnya wacana alternatif tersebut, gabungan kelompok KKN Angkatan 47 Universitas Mulawarman menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan yang bertajuk Strategi Pemasaran dan Pengelolaan Laporan Keuangan UMKM di Era New Normal pada Sabtu, 17 Juli 2021

Webinar tersebut mengangkat dua tema untuk mendorong produktivitas UMKM. Yakni “Strategi Pemasaran UMKM di Era New Normal” dan “Manajemen dan Pengelolaan Keuangan UMKM”. Webinar tersebut mengundang beberapa narasumber seperti Ketua Komunitas Tangan di Atas Samarinda, Rizky Wahyudi Ramdhani yang juga pemilik perusahaan start up, Kenalkan.co. Juga Manajer Keuangan CV Azriba Cantik, Ufairah Zulfa.

Ketua Panitia Webinar, M Khafiz Dalmasyah, menyatakan kegiatan tersebut dirancang sebagai hasil kolaborasi Kelompok KKN UMKM 137, 127, dan 030 Samarinda. Khafiz, sapaannya, mengatakan kegiatan ini melibatkan beberapa pelaku UMKM Samarinda seperti, Kopi Tan, dan UMKM Bukeee Kopi, serta puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di Samarinda.

“Kegiatan ini juga terselenggara berkat arahan dan dukungan Dosen Pendamping Ibu Ana Noor Andriana dan Bapak Arwin Sanjaya” ucapnya, Minggu, 18 Juli 2021.

Dalam sambutannya, dosen Program Studi Administrasi Bisnis, Fisip Unmul, Ana Noor Andriana selaku dosen pendamping, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi dorongan bagi pelaku UMKM untuk memperluas sektor pemasaran. Secara luring maupun daring.

“Melalui webinar ini, UMKM dapat membaca kondisi bisnisnya melalui laporan keuangan, sehingga dapat menyusun rencana kegiatan yang baik sesuai dengan kondisi bisnis yang dihadapi,” ucap pemilik usaha Warung Ayam Goreng Surasama tersebut.

Di sisi lain, Arwin Sanjaya, mengatakan bahwa saat ini mayoritas UMKM belum menerapkan konsep digitalisasi dan pengelolaan keuangan yang baik. Sehingga melalui Webinar tersebut, UMKM yang berpartisipasi diharapkan meningkatkan produktivitas dan kapasitas strategi pemasaran pada masa pandemi.

“Kami berharap banyak UMKM bisa go digital. Apalagi dalam kondisi hari ini.” tutur Arwin Sanjaya yang juga sebagai dosen pendamping kegiatan tersebut. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar