Pendidikan

Keriangan Mahasiswa Baru Fahutan Unmul Mengikuti Pengenalan Kampus

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 362 Kali
Keriangan Mahasiswa Baru Fahutan Unmul Mengikuti Pengenalan Kampus

Mahasiswa baru Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman, mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus. (foto: giarti/kaltimkece.id)

Kegiatan ini untuk menguatkan kekompakan hingga kebersamaan. Sebuah acara yang terasa istimewa bagi Rektor Unmul.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
Kamis, 04 Agustus 2022

kaltimkece.id Usai sudah perekrutan mahasiswa baru Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman, tahun akademik 2022/2023. Penjaring ini menghasilkan 304 mahasiswa baru. Menguatkan keakraban, Fahutan mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari berturut-turut, 4-5 Agustus 2022.

Acara tersebut berlangsung di kampus para rimbawan di Samarinda, baik di dalam maupun di luar ruangan. Mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi, kegiatan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Ketua panitia PKKMB Fahutan Unmul, Erwin, memberikan penjelasan mengenai PKKMB. Di ruangan, mahasiswa baru dikenalkan tentang kehidupan kampus seperti struktural fakultas, administrasi perkuliahan, suasana kelas, hingga berinteraksi dalam ruangan.

Sementara di luar ruangan, mahasiswa baru mengikuti gim yang disiapkan panitia. Erwin menjelaskan, permainan ini berguna melatih kekompakan, kebersamaan, kedisiplinan, dan kecepatan mahasiswa. Keceriaan terpancar jelas di wajah mereka selama mengikuti kegiatan.

“Selain mengenalkan lingkungan kampus, dari PKKMB ini, mereka juga kenal dengan mahasiswa lainnya,” jelas Erwin yang menjabat Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fahutan Unmul.

_____________________________________________________PARIWARA

Lebih lanjut, Erwin mengatakan, panitia PKKMB merupakan gabungan warga Fahutan Unmul, mulai dari pejabat fakultas hingga mahasiswa dari Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Sylva Mulawarman. LEM Sylva Mulawarman adalah wadah kegiatan kemahasiswaan di Fahutan.

Erwin menyebut, 10 orang di antara 304 mahasiswa baru berasal dari Timor Leste. Akan tetapi, mereka tidak mengikuti PKKMB secara luring. Mahasiswa dari luar negeri mengikuti kegiatan via daring. Ini dikarenakan kesepuluh mahasiswa tersebut baru akan tiba di Samarinda pekan depan.

PKKMB Tingkat Universitas

Sehari sebelum Fahutan mengadakan PKKMB, Unmul mengadakan PKKMB tingkat universitas di GOR 27 September. Kegiatan ini diikuti 5.773 mahasiswa baru. Sebanyak 750 orang di antaranya mengikuti kegiatan secara tatap muka. Sisanya melalui virtual.

Saat memberikan sambutan, Rektor Unmul, Prof Masjaya, menyatakan bahwa PKKMB 2022 sangat istimewa baginya. Ia pun menyebutkan tiga alasan mengistimewakan acara tersebut. Pertama, PKKMB tahun ini diadakan pada Agustus yang menjadi bulan Kemerdekaan RI. Kedua, pergantian Tahun Baru Islam, dari Hijriah ke Muharram juga pada Agustus 2022 sehingga dimaknai peralihan siswa menjadi mahasiswa.

“Alasan yang ketiga, sejak pandemi pada 2020, baru kali ini kami menerima mahasiswa secara offline melebihi kapasitas,” ucap Prof Masjaya kepada para peserta PKKMB.

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Prof Masjaya juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. Tidak salah, kata dia, memilih Unmul untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Mengingat, kampus ini telah berakreditasi A dan diakui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sebagai kampus terbaik pertama di Kalimantan dan kedua di Indonesia Timur. Unmul juga menempati urutan ke-34 sebagai perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.  (*)

Editor: Surya Aditya

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar