Politik

Kans Alphad-Arbain Didukung Koalisi Raksasa pada Pilkada Paser 2020

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1692 Kali
Kans Alphad-Arbain Didukung Koalisi Raksasa pada Pilkada Paser 2020

Alphad Syarif membidik koalisi raksasa untuk bertarung di Pilkada Paser 2020.

Pasangan ini sebenarnya telah memiliki modal perahu cukup untuk bertarung di Pilkada Paser 2020.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
23 Juli 2020

kaltimkece.id Koalisi raksasa berpotensi terjadi pada Pilkada Paser 2020. Alphad Syarif-Arbain M, berpeluang diusung lebih tiga partai politik dalam pesta demokrasi tersebut.

Sejauh ini, rekomendasi pasangan tersebut telah diresmi didapatkan dari Partai Demokrat. Diserahkan langsung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono di Jakarta pada 14 Juli 2020.

Dukungan Partai Demokrat, telah memberikan perahu bagi Alphad-Arbain bertarung di Pilkada Paser 2020. Enam kursi Demokrat di DPRD Paser, memungkinkan mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi.

Namun demikian, pasangan ini rupanya mengincar koalisi gemuk. Alphad-Arbain dikabarkan membidik dukungan tambahan dari partai lain. Di antaranya Gerindra dan Nasdem. Adapun Gerindra merupakan partai yang mengantar Alphad meraih kursi wakil ketua DPRD Samarinda periode 2019-2024 sebelum digantikan Helmi Abdullah pada 24 Juni 2020.

Ketua DPC Partai Demokrat Paser, Abdullah, mengapresasi langkah Alhpad-Arbain melobi dukungan parpol lain. "Ini hal yang baik dan sangat kami hargai. Kami mengajak partai lain untuk mendukung biar gemuk. Yang sudah dapat dipastikan adalah Gerindra dan Nasdem," ungkap Abdullah kepada koresponden kaltimkece.id di Paser, Rabu, 22 Juli 2020.

Dengan dukungan kedua partai tersebut, Alphad-Syarif bisa diusung setidaknya 11 kursi di DPRD Paser. Dengan rincian enam kursi Demokrat, tiga Nasdem, dan dua Gerindra.

"Pastinya kami rapatkan barisan. Itu sudah saya sampaikan kepada pengurus dan kader. Bahkan anggota fraksi. Senang tidak senang, kita harus mendukung apa yang jadi keputusan," lanjut Abdullah. Rekomendasi Demokrat terhadap Alphad-Arbain memang sempat memicu gejolak di kalangan kader partai berlambang mercy tersebut di Paser. Mengingat Alphad bukanlah kader Demokrat. Ia juga berpolitik di Samarinda selama dua periode sebelumnya.

Kendati demikian, Abdullah menekankan kesiapannya menegakkan keputusan partai. Seluruh anggota mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten bakal dipanggil.

"Saya akan beri penegasan untuk mendukung pasangan Alphad-Arbain. Ini sudah keputusan bersama. Kalau tidak terima, silakan mundur dari partai atau dikeluarkan. Kalau tidak terima, silakan," pungkasnya. (*)

 

Dilengkapi oleh koresponden kaltimkece.id di Paser

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar