Politik

Masih Berpengaruh, Pasangan Calon Dukungan Rita Widyasari Bisa Berjaya di Pilbup Kukar 2020

person access_time 4 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 7289 Kali
Masih Berpengaruh, Pasangan Calon Dukungan Rita Widyasari Bisa Berjaya di Pilbup Kukar 2020

Rita Widyasari saat masih menjabat bupati Kukar pada 2017. (facebook/rita widyasari)

Rita Widyasari mengakhiri jabatan sebagai bupati Kukar sebelum waktunya. Pergi dengan noda hitam. Tapi namanya masih begitu harum.

Ditulis Oleh: Fachrizal Muliawan
21 Oktober 2019

kaltimkece.id Kukar masih belum move on dari Rita Widyasari. Suatu hasil survei menunjukkan keberhasilan Rita meraup banyak simpati masyarakat selama memimpin kabupaten tersebut. Diyakini, figur yang maju dalam Pilkada Kukar tahun depan, bakal mendapat suntikan besar bila mengantongi restu terpidana kasus korupsi tersebut.

Eskom Kreatif melakukan riset terkait persepsi masyarakat dalam Pemilihan Bupati Kukar 2020. Nama Edi Damansyah mencuat sebagai bakal calon terpopuler. Level popularitas mencapai 91,4 persen.

Hadir pula nama Novita Ikasari yang digadang-gadang jadi kuda hitam. Perempuan yang akrab disapa Bunda Vita itu adalah nama baru tapi punya potensi besar. Peluang elektabilitas meningkat cukup besar. Terlebih waktu menuju pemilihan kepala daerah (pilkada) Kukar masih satu tahun lagi.

Baca juga:
 

Direktur Eskom Kreatif Eko Satya Hushada mengungkap, selain dua hal tadi, hal menarik lain turut didapati timnya di lapangan. Menyangkut Rita Widyasari. Mantan bupati Kukar yang saat ini jadi pesakitan di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Meski mendekam dalam penjara setelah ditangkap KPK, bupati yang memimpin Kukar nyaris dua periode tersebut masih punya tempat di hati warga Kukar. Lebih 60 persen dari 500 responden menyebut Rita Widyasari memiliki pengaruh di kabupaten tersebut. Bahkan, 56 persen responden menyatakan pemerintahan di bawah kepemimpinan Rita cukup berhasil.

"Hanya 2,6 persen yang menyatakan tidak berhasil," ujar Eko. Hal tersebut mempertegas pengaruh Rita di Kukar yang masih begitu kuat. Hal ini dinilai menarik. Diyakini memengaruhi peta politik. Tak menutup kemungkinan warga Kukar akan mendukung calon yang didukung Rita. “Hasil survei menyatakan 20,8 persen responden akan mendukung paslon yang mendapat restu Rita," tuturnya.

Artinya, pasangan calon yang mendapat “restu" Rita, memiliki kesempatan menang di Pilbup Kukar 2020. "Jadi, sowan ke Bunda Rita bisa jadi salah satu kunci maju Pilbup Kukar," terangnya.

Tak Buru-Buru

Bupati Kukar Edi Damansyah tak berkomentar banyak atas hasil survei tersebut. Diwawancara pada Sabtu, 19 Oktober 2019, Edi ogah buru-buru. Perjalanan hingga pilkada masih panjang. "Banyak hal yang harus dilakukan," ujarnya singkat.

Sebagai informasi, metodologi dan tahapan dari survei tersebut mengambil porsi sampling per kecamatan di Kukar. Tiap sampel dipilih dari berbagai suku, daerah, dan agama, serta profesi. Rentang usia bervariasi. Mulai 17 tahun atas.

Dilakukan dengan metode wawancara tatap muka secara langsung oleh 50 surveyor. Dengan sampel 500 responden, terbagi rata antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan. (*)

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar