Ragam

Bulan Depan, Para Seniman Lokal hingga Internasional Tampil di Samarinda

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 281 Kali
Bulan Depan, Para Seniman Lokal hingga Internasional Tampil di Samarinda

Disporapar Samarinda segera mengadakan Festival Mahakam 2022. FOTO: GIARTI-KALTIMKECE.ID

Festival Mahakam segera diadakan kembali. Bakal dimeriahkan dengan lomba lari hingga festival kuliner.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
Senin, 03 Oktober 2022

kaltimkece.id Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Samarinda akan kembali menggelar Festival Mahakam alias Fesma 2022. Dijadwalkan berlangsung pada 1-6 November 2022, acara bertema Samarinda International Art Music, Sport Festival, and Share Culture ini bakal dihadiri lima negara.

Dalam sebuah konferensi pers pada Ahad, 2 Oktober 2022, Kepala Disporapar Samarinda, Muslimin, membeberkan, pihaknya melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengirimkan undangan kepada lima negara untuk berpartisipasi dalam Fesma 2022. Kelimanya yakni Ghana, Uzbekistan, Jepang, India, dan Maldives (Maladewa). Ghana dan Uzbekistan dilaporkan telah mengonfirmasi kesediaannya bergabung.

Muslimin menjelaskan, setiap negara diminta mengirimkan maksimal 15 orang sebagai perwakilan ke Samarinda. Dalam Fesma nanti, mereka akan mempersembahkan kesenian dari negara mereka seperti musik dan tari. “Tamu dari luar negeri yang kami undang pasti kami fasilitasi, mulai dari penginapan, makan, minum, dan akomodasi selama di Samarinda. Tapi, tidak termasuk tiket (transportasi) pergi-pulang mereka,” jelasnya.

Selain tamu dari luar negeri, Pemkot Samarinda juga mengundang seluruh provinsi di Kalimantan, termasuk kabupaten/kota di Kaltim. Kemudian Makassar, Bengkulu dan DKI Jakarta. “Insya Allah, Fesma 2022 akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,” imbuh Muslimin.

Dalam Fesma 2022, sambung dia, akan dipertunjukan berbagai kebudayaan, perlombaan, hingga kesenian lokal. Kebudayaan dari Desa Budaya Pampang, Samarinda, dipastikan tampil dalam festival tersebut. Kemudian lomba tari pesisir nusantara dan pedalaman, peragaan busana batik Samarinda, fotografi, vlog, maunjun (memancing) di Sungai Karang Mumus, kapal tambangan, kapal hias, hingga lomba lari untuk kategori elit dan pelajar. Khusus lomba lari elit dan pelajar, penyelenggara menyediakan total hadiah Rp 100 juta. Pendaftaran lomba mulai dibuka pada Senin, 3 Oktober 2022.

Adapun pertunjukan internasional yang akan tampil di Fesma 2022, di antaranya, tarian, alat musik, lagu, dan jet ski. Acara ini dipastikan meriah karena turut diisi dengan festival kuliner dari sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di Samarinda. Kuliner yang disajikan seperti jajanan khas Kaltim, nasi kuning, hingga kudapan lainnya.

Fesma 2022 bakal dihelat di tiga lokasi di Samarinda yaitu Taman Olah Bebaya, Halaman GOR Segiri, dan Dermaga Mahakam Ilir di Pasar Pagi. Disporapar Samarinda menargetkan, acara yang akan dilaksanakan selama enam hari ini dihadiri 150 ribu orang. Informasi lengkap tentang Fesma 2022 dapat diperoleh di Jalan Dahlian, Nomor 79 B, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar