Ragam

Dari Resep Rumahan, Roti Eggos Jadi Camilan Kekinian yang Digandrungi Milenial

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 758 Kali
Dari Resep Rumahan, Roti Eggos Jadi Camilan Kekinian yang Digandrungi Milenial

Outlet Roti Eggos di Citra Niaga Samarinda, buka sejak 5 Juli 2020. (ramadansyah nurdin/kaltimkece.id)

Roti Eggos sudah cukup familier di kalangan milenial Samarinda.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
07 Juli 2020

kaltimkece.id Dominasi cat kuning dengan les cat hitam membingkai sebuah kios berukuran 2x2 meter persegi. Di outlet Roti Eggos ini, hilir mudik aktivitas pengunjung. Sebagian duduk santai sembari mengantre pesanan tersaji.

Pemandangan di kompleks perdagangan Citra Niaga Samarinda tersebut adalah grand opening outlet Roti Eggos terbaru. Tepatnya pada Minggu, 5 Juli 2020. Promo saat itu adalah sistem bayar suka-suka.

Outlet Roti Eggos di kompleks perdagangan Citra Niaga Samarinda adalah yang keempat. Selain itu Roti Eggos memiliki outlet di Jalan Sei Kelian, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Jalan Sentosa Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, dan di Jalan Harun Nafsi, Kecamatan Loa Janan Ilir.

Bukan tanpa alasan, founder Roti Eggos, Lisa Septiriana Putri (33), memilih membuka salah satu otletnya di Citra Niaga. Citra Niaga dianggap lokasi tepat dan bukan rahasia jika saat ini dikatakan salah satu tempat nongkrong asyik kaum muda Kota Tepian.

Sempat dipandang sebelah mata setelah masa kejayaannya redup, Citra Niaga saat ini seperti hidup kembali. Dimulai dengan hadirnya sebuah kedai kopi dengan konsep kekinian, menjadi magnet bagi kaum muda Samarinda untuk datang.

"Awalnya aku survei dulu. Jalan keliling Citra Niaga diajak teman. Aku lihat beberapa kios kopi dan makanan konsep street food seperti di luar negeri. Seru banget. Ditambah dari dukungan teman-teman juga untuk bersama-sama membangun Citra Niaga kembali. Dari situlah aku memberanikan diri," ucap Lisa Septiriana Putri.

Tak hanya sendiri, ibu dua anak tersebut merangkul salah satu teman untuk berbisnis bersama. Ramadhansyah Nurdin (32) sebagai co-founder. Keduanya berbagi peran. Lisa bertugas memastikan pesanan, pengerjaan hingga tersaji kepada pelanggan. Sedangkan Adhan-sapaan akrab Ramadhansyah Nurdin, memastikan kelancaran pemasaran Roti Eggos. Baik secara langsung atau melalui media sosial. Pembeli bisa datang langsung ke outlet Roti Eggos atau bisa order melalui aplikasi online.

Tersedia 26 menu Roti Eggos di outlet ini. Dibagi menjadi empat jenis sajian. Harga antara Rp 12 ribu hingga Rp 30 ribu. Selain itu tersedia minuman dengan kisaran harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Lisa Septiriana Putri mengatakan bahwa menu terlaris adalah Roti Eggos asin, yaitu chicken atau beef black pepper. Namun, khusus di outlet Citra Niaga menu yang paling diminati adalah chicken atau beef bulgogi.

Berawal Hobi Memasak

Roti Eggos memiliki ciri khas di menu Eggos Asin, yakni terdapat taburan bubuk persley dan paprica di atasnya. Selain menambah cita rasa yang makin spesial, juga makin mempercantik penampilan Roti Eggos.

Lisa memulai usahanya pada 2015. Saat itu sebagai kegiatan sampingan. Ia membuat jika ada yang memesan. Pada 2017 ia masih menjual menu utama nasi dan menu pendamping adalah roti. Namun, kebanyakan dari pelanggannya memesan menu roti.

Pada 2018 ia dibuka lah outlet Roti Eggos pertama di di Jalan Sei Kelian, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota. "Saya meracik sendiri, mulai dari isian, saos, dan topping lainnya. Untuk isian Eggos Asin seperti ayam dan daging tanpa monosodium glutamete (MSG). Dan untuk Eggos Manis dengan topping creamy dibuat sendiri tanpa tambahan gula.”

"Harapannya Citra Niaga bisa kembali menjadi salah satu contoh untuk daerah lain. Dalam mengembangkan industri kreatif. Bukan melulu soal rasa tapi tempat bisa melahirkan sebuah ide," tutup Lisa. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar