Ragam

Diskusi Media Siber, PT Samekarindo Indah ’Kuliti’ Isi kaltimkece.id

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 1354 Kali
Diskusi Media Siber, PT Samekarindo Indah ’Kuliti’ Isi kaltimkece.id

Tim PT Samekarindo Indah di kantor kaltimkece.id.

Media siber semakin banyak menjangkau pembaca. Pemahaman tentangnya amat diperlukan. 

Ditulis Oleh: Fel GM
03 Desember 2019

kaltimkece.id Pergeseran platform media makin dirasakan seiring perkembangan zaman. Salah satu jenisnya, media siber, kini mengambil peran yang besar bagi para pembaca. Fenomena ini menjadi salah satu latar belakang PT Samekarindo Indah, diler resmi Suzuki (mobil dan sepeda motor) di Kaltim, bertandang ke kaltimkece.id.

Selasa siang, 3 Desember 2019, manajemen PT Samekarindo Indah tiba di kantor kaltimkece.id Jalan Muso Salim, Samarinda. Rombongan dipimpin Lely Zuwirta selaku HR and GA Manager. Mereka diterima Robithoh Johan Palupi selaku penanggung jawab redaksi dan Felanans Mustari sebagai editor in chief kaltimkece.id.  

Dalam diskusi yang berlangsung selama satu jam, PT Samekarindo Indah mendapatkan informasi mengenai perkembangan media siber. Saat ini, kaltimkece.id telah memiliki lebih dari 120 ribu pengikut baik di media sosial Facebook maupun Instagram. Sebagai media siber yang mengedepankan liputan mendalam, kaltimkece.id mendapat sambutan luas di Kaltim. Media ini stabil menjangkau 40 ribu hingga 70 ribu pembaca dalam sehari. Sementara kunjungan ke halaman situs (website) berita rata-rata 8 ribu hingga 10 ribu per hari.

“Data yang disampaikan ini riil karena sumbernya berasal dari laporan Facebook, Instagram, dan Google Analytic,” terang Felanans, dalam presentasinya.

Tim dari PT Samekarindo Indah begitu antusias dalam diskusi. Sejumlah pertanyaan diutarakan. Mulai mengenai jangkauan media, alur viralisasi, periklanan, hingga micro-target. Dari situ pula diketahui, pembaca terbesar kaltimkece.id adalah dari kelompok usia produktif yakni mereka yang berumur 20 tahun hingga 40 tahun. Sementara porsi jenis kelamin terbagi rata antara laki-laki dan perempuan.

“Kami menyambut baik diskusi ini. Sangat menambah pengetahuan seputar media siber di Kaltim,” terang Lely dari PT Samekarindo Indah.

Penjelasan lanjutan dari tuan rumah, kaltimkece.id telah memiliki sembilan jurnalis yang seluruhnya bersertifikat kompetensi dari Dewan Pers. Dua orang bersertifikat wartawan utama atau yang tertinggi, satu wartawan madya, dan enam wartawan muda.

Media siber ini dinaungi PT Kaltim Keren dan Cerdas. kaltimkece.id didirikan jurnalis-jurnalis berpengalaman dan para aktivis pada 2 Juni 2017 di Samarinda. Badan hukum PT Kaltim Keren dan Cerdas sesuai Surat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM Nomor AHU-0124626.AH .01.11.Tahun 2017 tertanggal 6 Oktober 2017.

Adapun nama kaltimkece.id, merupakan akronim dari Kaltim keren dan cerdas yang merupakan filosofi utama media siber ini. Keren, kaltimkece.id selalu menghadirkan produk jurnalistik dengan tampilan yang keren dan kekinian. Seluruh artikel dilengkapi infografis dan foto yang menawan. Produk dalam bentuk video juga disajikan dengan gaya yang asyik dan tidak membosankan. Cerdas, kaltimkece.id mengedepankan liputan-liputan mendalam (indepth news) dalam pemberitaannya.

“Kami membawa jurnalisme duduk perkara, analisis, ulasan, dan kritik sosial yang berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik,” jelas editor in chief. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar