Ragam

Media Siber kaltimkece.id Telah Terverifikasi Administratif di Dewan Pers

person access_time 3 months ago remove_red_eyeDikunjungi 695 Kali
Media Siber kaltimkece.id Telah Terverifikasi Administratif di Dewan Pers

Kantor kaltimkece.id di Jalan Wahid Hasyim II, Samarinda Utara.

Media siber kaltimkece.id telah melewati sertifikasi administratif.

Ditulis Oleh: Robithoh Johan Palupi
29 Juni 2021

kaltimkece.id Media siber kaltimkece.id telah melewati verifikasi administratif. Sebagaimana dilansir di laman resmi Dewan Pers, media siber di Bumi Etam ini dinyatakan terverifikasi bersama 11 media pada Senin, 28 Juni 2021. Selain kaltimkece.id, satu media dari Kaltim yang juga terverifikasi adalah newsnusantara.com di Berau.

Dengan status ini, kaltimkece.id kini resmi sebagai media siber di bawah naungan Dewan Pers. kaltimkece.id dapat bekerja sesuai Undang-Undang 40/1999 tentang Pers. Segala sengketa pers yang timbul dari produk jurnalistik kaltimkece.id diselesaikan melalui mekanisme undang-undang tersebut.

“Verifikasi dari Dewan Pers sekaligus memberikan tanggung jawab pers kepada media ini. kaltimkece.id berupaya konsisten menjalankan peran ‘anjing penjaga’, yakni media yang memiliki tugas kontrol sosial,” demikian penanggung jawab redaksi kaltimkece.id, Felanans Mustari.

Untuk menjalankan peran tersebut, kaltimkece.id berupaya menjaga kompetensi jurnalis-jurnalisnya. Saat ini, sebanyak sembilan jurnalis bekerja untuk kaltimkece.id. Dua di antaranya telah bersertifikat kompetensi wartawan utama, satu wartawan madya, dan tiga wartawan muda.  Sertifikat kompetensi ini diterbitkan Dewan Pers setelah jurnalis lulus dari uji kompetensi wartawan.

Sebagai informasi, kaltimkece.id adalah media siber di Kaltim yang didirikan sejumlah jurnalis dan aktivis pada 2017. kaltimkece.id adalah akronim dari Kaltim Keren dan Cerdas yang merupakan filosofi utama media ini. Keren, kaltimkece.id selalu menghadirkan produk jurnalistik dengan tampilan yang keren dan kekinian. Cerdas, kaltimkece.id mengedepankan liputan-liputan mendalam (indepth news) dalam pemberitaannya.

“Kami membawa jurnalisme duduk perkara, analisis, ulasan, dan kritik sosial yang berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik,” terang Felanans.

Pada 2021, media siber ini telah memiliki jangkauan luas. Halaman penggemar Kaltim Kece (Facebook) memiliki 108 ribu pengikut, plus 23 ribu pengikut di Instagram. PT Kaltim Keren dan Cerdas, perusahaan di bidang media, adalah perusahaan pers yang menaungi media ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat luas yang telah memberikan kepercayaan kepada liputan-liputan jurnalistik kami,” tutup Felanans. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar