kaltimkece.id Lomba poster infografik yang dibuat Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (HMJ Manajemen FEB), Universitas Mulawarman, telah berakhir. Kompetisi bertema Menjaga Kekayaan Borneo ini pun menghasilkan tiga pemenang.
Sabtu, 15 Oktober 2022, HMJ Manajemen FEB mengadakan Talkshow Creativity Event bertema Opportunities for Young People on Borneo Island to Be a Creative People. Dalam acara ini, tiga pemenang lomba poster infografik diumumkan.
Juara pertama berhasil direbut Ryaas Azkanaufal Ramadhan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Kreativitas, Unmul. Posternya yang menang berjudul Iconic of Borneo. Pemenang kedua adalah Sandika Agustia Putri dari Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda dengan judul poster The Borneo Hidden Paradise. Poster berjudul Burung Enggang Burung Langkah yang Hampir Punah milik Wa Ode Selfinar dari SMK 4 Samarinda menjadi juara ketiganya. Berikut adalah tiga poster yang memenangkan lomba ini.
Poster Iconic of Borneo milik Ryaas Azkanaufal Ramadhan.
Poster The Borneo Hidden Paradise milik Sandika Agustia Putri.
Poster Burung Enggang Burung Langkah yang Hampir Punah milik Wa Ode Selfinar.
Lomba poster dan talkshow tersebut merupakan bagian dari Creativity Event 2022. Ketua panitia acara tersebut, Muhammad Pandu Utomo, menjelaskan, Creativity Event merupakan agenda tahunan Bidang Informasi, Komunikasi, dan Teknologi HMJ Manajemen FEB, Unmul. Adapun pendaftaran lomba poster, dibuka selama sebulan lebih, 20 Agustus sampai 30 September 2022. Total, ada 20 orang yang mendaftar. Mereka merupakan pelajar tingkat SLTA, mahasiswa, dan masyarakat umum.
“Program kerja kami berkaitan dengan bidang-bidang kreatif. Pada tahun ini, kami menyambungkan kreativitas mahasiswa dengan hot issue tentang Ibu Kota Nusantara,” jelas Pandu Utomo. Selain lomba poster dan talkshow, dalam Creativity Event 2022, juga diadakan Mandiri Goes to Campus dan management insight. Pelatihan manajemen wawasan ini digelar saat orientasi studi dan pengenalan kampus mahasiswa baru manajemen pada 2022.
Mengenai tema talkshow, Pandu Utomo melanjutkan, digagas oleh Rektor Unmul, Profesor Masjaya. Dari tema ini, para pemuda Kaltim diharapkan menjadi seorang yang kreatif agar dapat melihat manfaat dari kehadiran ibu kota negara di Kaltim.
Talkshow yang digelar di Lecturer Theatre di Kompleks Kampus Gunung Kelua, Samarinda, itu dihadiri sejumlah pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum. Yogi Setiawan dan Iqsan menjadi pembicaranya. Yogi Setiawan yang merupakan seorang pembawa acara, konten kreator, komika, dan pendiri Standupindo Samarinda. Ia juga merupakan owner Kopingegasss dan Semayang Park. Adapun Iqsan merupakan Chief Operating Officer You Kaltim dan seorang konten kreator.
Dalam talkshow, Yogi dan Iqsan membagikan pengalaman membangun usaha kreatif. Keduanya pun menyatakan, kehadiran IKN di Kaltim akan membuka peluang lebih lebar untuk para pemuda Kaltim berkreatifitas. Oleh karena itu, mereka menganjurkan agar para pemuda membangun kreativitas dari sekarang. Membangun kreativitas dapat dimulai dari membangun kepercayaan diri dan jaringan. Bergabung dalam sebuah komunitas juga dapat mengembangkan kompetensi diri.
Creativity Event 2022 mendapat dukungan dari Bank Mandiri. Goverment Bisnis Bank Mandiri Samarinda, Mega Meriska, mengatakan, perusahaannya berkomitmen mendukung aktivitas positif yang dibuat para generasi muda. “Kami dukung event yang positif. Kami ingin mengajarkan kepada adik-adik kami untuk bersama mengenal era digital,” jelas Mega Meriska. (*)