Samarinda

Laboratorium Narkotika Milik BNN Berdiri di Samarinda

person access_time 3 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 273 Kali
Laboratorium Narkotika Milik BNN Berdiri di Samarinda

Suasana Laboratorium Narkotika BNN di Samarinda.

Laboratorium ini dilengkapi peralatan uji narkotika yang mumpuni. Ada juga layanan olah tempat kejadian perkara.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
Kamis, 17 November 2022

kaltimkece.id Laboratorium narkotika di Kelurahan Tanah Merah, Samarinda Utara, telah beroperasi. Rabu, 9 November 2022, Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose, meresmikan laboratorium tersebut. Laboratorium ini akan membuat penanganan penyalahgunaan narkotika semakin maksimal.

Laboratorium narkotika di Samarinda berdiri di atas lahan seluas 1.289 meter persegi di Komplek Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional. Di sekitarnya, terdapat sejumlah rumah dinas milik kepala laboratorium, koordinator laboratorium, dan staf laboratorium.

Komjen Pol Petrus Reinhard Golose menjelaskan, laboratorium narkotika di Samarinda untuk mendukung Pusat Laboratorium Narkotika BNN di Lido, Jawa Barat. Sejauh ini, BNN memiliki tiga laboratorium narkotika pendukung. Selain Samarinda, laboratorium pendukung juga ada di Deli Serdang, Sumatera Utara; dan Badokka, Sulawesi Selatan.

“Laboratorium Narkotika BNN di Samarinda untuk meng-cover Kalimantan. Tujuannya melindungi masyarakat dari keterpaparan narkotika,” jelas Petrus Reinhard Golose. Ia menyebutkan, saat ini ada 1.127 jenis narkotika di dunia. Sebanyak 91 jenis di antaranya terdeteksi di Indonesia. Penemuan ini berkat pemeriksaan laboratorium dan monitoring.

Kepala Pusat Laboratorium Narkotika BNN RI, Brigadir Jenderal Polisi Wahyu Widodo, menambahkan, Laboratorium Narkotika BNN di Samarinda merupakan bagian dari pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika serta zat adiktif lainnya. Laboratorium ini juga dapat memberikan layanan olah tempat kejadian perkara dan pemusnahan barang bukti.

“Pengujian narkotika dan prekursor (senyawa kimia) di Laboratorium Narkotika BNN di Samarinda menggunakan peralatan dan instrumen yang mumpuni dengan teknologi terbaru. Ini sebagai komitmen memberikan pelayanan prima,” kata Brigjen Pol Wahyu Widodo.

Infografik peresmian laboratorium narkotika di Samarinda.
DESAIN GRAFIS: MUHAMMAD IMTIAN NAUVAL-KALTIMKECE.ID

 

Peresmian Laboratorium Narkotika BNN di Samarinda dihadiri Gubernur Kaltim, Isran Noor. Ia berharap, pengelolaan laboratorium ini dapat bekerja sama dengan Universitas Mulawarman. Hal ini guna mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia.

“Unmul merupakan lembaga pendidikan ilmiah yang bisa mengembangkan keilmiahannya dengan teknologi. Namun di Unmul belum ada peralatan seperti di sini (laboratorium narkotika BNN) sehingga perlu kerja sama agar mereka bisa gunakan alat yang di sini,” ujar Gubernur Isran. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar