WARTA

Sukseskan Program Keluarga Harapan, Dinsos Kaltim Kuatkan Kapasitas SDM

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 177 Kali
Sukseskan Program Keluarga Harapan, Dinsos Kaltim Kuatkan Kapasitas SDM

Suasana kegiatan penguatan kapasitas SDM PKH. (foto: istimewa)

SDM PKH memiliki peran yang amat penting. Berkatnya, bantuan dari pemerintah bisa tersalur dengan tepat.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
Sabtu, 06 Agustus 2022

kaltimkece.id Sumber daya manusia yang melaksanakan program keluarga harapan disadari perlu mendapat penguatan kapasitas. Mengingat, perannya amat penting dalam mendistribusikan bantuan dari pemerintah. Tanpanya, bantuan tersebut muskil tersalur dengan tepat.

Menyadari hal tersebut, Dinas Sosial Kaltim mengadakan kegiatan penguatan kapasitas sumber daya manusia program keluarga harapan atau SDM PKH pada 3-4 Agustus 2022. Bertempat di sebuah pantai di Teluk Pemedas, Samboja, Kutai Kartanegara, acara tersebut diikuti 97 orang. Tema acara adalah Mengembangkan Sikap Inovatif dan Kreatif SDM PKH dalam Mewujudkan Target Graduasi Peserta.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Sosial Kaltim, Agus Hari Kesuma. Pembukaan ini dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Kaltim, Muhammad Yusuf, perwakilan Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kaltim, pejabat UPTD Panti Sosial di bawah naungan Dinas Sosial Kaltim, serta perwakilan Kecamatan Samboja dan Kelurahan Pemedas.

Agus Hari Kesuma menjelaskan, SDM PKH bertugas membantu pemerintah daerah. Dalam hal ini, mereka melakukan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS. Data itu akan dipakai untuk menyalurkan bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tujuannya agar penerima bantuan sosial tepat sasaran dan meningkatkan jumlah graduasi peserta PKH sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan,” kata Agus.

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Agus mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan program keluarga harapan berkat para SDM PKH yang telah bekerja profesional. Dia pun meminta, seluruh SDM PKH terus menguatkan kapasitas dalam memberikan pelayanan kepada pengurus keluarga penerima manfaat dan peserta PKH.

“Saya mengimbau, seluruh SDM PKH terus membantu pemerintah daerah melalui Dinas Sosial di kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi dan validasi DTKS setiap saat.

Pada kesempatan yang sama, ketua pelaksana kegiatan penguatan kapasitas SDM PKH sekaligus Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kaltim, Achmad Rasyidi, mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah mewujudkan SDM yang profesional dalam mendukung pelaksanaan PKH di Kaltim.

Selama mengikuti kegiatan, para peserta diberi pembekalan oleh beberapa narasumber dari Dinas Sosial Kaltim. Di antaranya yakni Agus Hari Kesuma, Muhammad Yusuf, Saprudin Saida Panda (kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin), dan penyuluh Sosial. (*)

Editor: Surya Aditya

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar