Terkini

Banjir-Banjir Sambil NgopiKece Bareng BKS

person access_time 4 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1977 Kali
Banjir-Banjir Sambil NgopiKece Bareng BKS

Foto: Adi Chandra (kaltimkece.id)

Pasokan kafein bisa jadi energi menghadapi bencana banjir yang belum habis. Sekaligus sarana menjalin komunikasi secara lebih intens.

Ditulis Oleh: Fachrizal Muliawan
12 Juni 2019

kaltimkece.id Matahari mulai bergerak ke ufuk barat pada Selasa, 11 Juni 2019. Belasan pemuda melewati genangan air Perumahan Griya Mukti Sejahtera, Sempaja Selatan. Dari bawaannya terlihat bantuan untuk korban banjir di kawasan tersebut.

Yang unik, bawaan kelompok tersebut bukan sembako. Bukan pula makanan siap santap. Belasan pria tadi membawa kompor, teko, galon air, gelas kertas, mesin penggiling, dan biji kopi. Dari mana mereka? Belasan pria tadi tergabung dalam komunitas Bubuhan Kopi Samarinda alias BKS. Sebagai informasi, BKS adalah komunitas yang dibentuk kumpulan kedai-kedai kopi di Samarinda. Bersama kaltimkece.id, BKS menggelar NgopiKece Bareng BKS. Kedatangan mereka masih dalah rangkaian Ngegas Bareng, sebuah gerakan crowdfunding inisiasi kaltimkece.id bersama anggota DPR RI dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian.

Dalam gerakan tersebut, BKS membagikan seduhan kopi gratis. Baik kepada korban bencana maupun relawan yang berjaga di posko kebencanaan. Sekitar 200 cup disiapkan. "Namun untuk persediaan kopinya, lebih dari itu," ujar Muhammad Luthfi dari BKS.

Praktis, walau gelas kertas yang mereka bawa sudah habis, bila ada warga dan relawan yang ingin menikmati seduhan kopi, bisa membawa gelas sendiri. "Pokoknya kami sediakan sampai stok kopi dan air habis," ujarnya.

Awal inisiasi NgopiKece Bareng BKS terbersit lantaran bencana banjir yang melanda tiga kecamatan di Samarinda. Situasi terebut sudah berlangsung beberapa hari. "Tentu dalam keadaan seperti itu perlu kafein agar tetap semangat," ujarnya. Makanya, jenis kopi yang dibawa saat itu berjenis robusta.

NgopiKece bareng BKS tak hanya berhenti di posko Griya Mukti Sejahtera. "Akan ada beberapa posko kebencanaan lain yang akan kami sambangi," ujarnya.

Gerakan NgopiKece Bareng BKS berjalan dua hari. Hari kedua bergerak di Jalan Gelatik. Gerakan dipastikan akan terus berjalan. "Insha Allah terus bergerak  ke posko-posko lainnya. Biar semua tetap semangat," kuncinya.

Hadi Mulyadi: Kopinya Enak

NgopiKece hari pertama bertepatan kunjungan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Wagub pun sempat singgah dan ngopi bersama beberapa warga. Terjalinlah komunikasi antara komunitas dengan Wagub. Hadi ternyata cukup menggandrungi kopi. Hanya saja "jatah" harian ngopinya hanya satu gelas. Hadi juga menyebut dirinya kerap mengunjungi kedai kopi kala akhir pekan dan sedang senggang.  "Ini industri kreatif yang mesti dikembangkan," ujar Wagub.

Dengan komunitas, anak-anak muda bisa bersilaturahmi untuk membuat karya yang lebih besar. Hadi turut mendoakan gerakan NgopiKece Bareng BKS membawa berkah. "Dan yang paling penting adalah, kopinya enak," ujarnya santai. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar