Terkini

Bertambah Lagi Lima Pasien, Serangan Virus Corona di Kaltim Mencapai 59 Kasus

person access_time 6 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1006 Kali
Bertambah Lagi Lima Pasien, Serangan Virus Corona di Kaltim Mencapai 59 Kasus

Ilustrasi: Freepik

Pasien virus corona tak henti muncul di Kaltim. Penambahan bisa terjadi dalam rentang hari yang berurutan.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
19 April 2020

kaltimkece.id Pasien baru virus corona terus bermunculan di Kaltim. Pada 19 April 2020, bertambah lagi lima kasus di provinsi ini. Membuat total pasien akumulatif Covid-19 di Kaltim mencapai 59.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, juga mengungkapkan angka pasien dalam pengawasan (PDP) Kaltim yang juga bertambah. Termasuk PDP yang kembali mendapat hasil negatif.

"PDP terkonfirmasi negatif Covid-19 di Kaltim ada penambahan tiga. Satu di Kutai Kartanegara dan dua di Balikpapan," jelas Andi dalam telekonferensi kepada awak media di Samarinda pada Minggu sore, 19 April 2020.

Adapun untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim pada hari yang sama juga bertambah lima. Satu di Kutai Timur, satu Balikpapan, satu Bontang, dan dua Samarinda.

Satu kasus di Kutai Timur dengan kode pasien KTM 05 berjenis kelamin laki-laki. Usianya 40 tahun. Teman seperjalanan pasien KTM 03 ke India. Keluhan batuk, pilek, dan rapid test hasilnya reaktif. Saat ini melakukan perawatan isolasi di RSUD Kudungga Sangatta.

Satu kasus di Balikpapan dengan kode pasien BPN 22, perempuan, usia 58 tahun. Pelaku perjalanan ke Jakarta dengan keluhan demam, batuk, dan sesak napas. Saat ini melakukan perawatan isolasi di Rumah Sakit Dr R Hardjanto Balikpapan.

Satu kasus di Bontang dengan kode pasien BTG 05, adalah laki-laki usia 52 tahun. Hasil tracing pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan. Juga rekan seperjalanan BTG 04. Saat ini melakukan perawatan isolasi di RSUD Taman Husada Bontang.

Dan dua kasus lain berasal dari Samarinda. Keduanya hasil tracing cluster Gowa, Sulawesi Selatan. Saat ini melakukan perawatan isolasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Dua rincian kasus baru di Samarinda adalah pasien dengan kode SMD 06, laki-laki usia 41 tahun. Keluhan sesak napas dan hasil rapid test reaktif. Berikutnya dengan kode pasien SMD 07, laki-laki, usia 56 tahun. Keluhan batuk dan pilek.

Penambahan PDP

Sementara untuk penambahan PDP terdapat 12 orang. Total keseluruhan hingga saat ini di Kaltim ada 364 kasus.

Sebanyak 12 PDP baru berasal dari sembilan kasus di Berau dan seluruhnya pelaku perjalanan dari Gowa. Saat ini melakukan perawatan isolasi di RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb, Berau.

Satu kasus lain dari Penajam Paser Utara (PPU) pelaku perjalanan dari Ponorogo, Jawa Timur. Keluhan demam, batuk, dan mempunyai gambaran gejala pneumonia. Saat ini melakukan perawatan isolasi di Rumah Sakit Aji Batara Agung Dewa Sakti (Abadi) Samboja.

Satu kasus lagi berasal dari Kutai Timur. Laki-laki usia 25 tahun. Pelaku perjalanan dari Samarinda dan Kutai Kartanegara. Keluhan demam, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Juga dirawat isolasi di Rumah Sakit Abadi Samboja. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar