Terkini

Box Sterilisasi Uang untuk Matikan Virus Corona Buatan Prajurit TNI AD Kodim 0906/Tenggarong

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 782 Kali
Box Sterilisasi Uang untuk Matikan Virus Corona Buatan Prajurit TNI AD Kodim 0906/Tenggarong

Box sterilisasi uang buatan prajurit TNI AD Kodim 0906/Tenggarong dibagikan kepada pedagangn. (istimewa)

Seorang prajurit kini tak hanya piawai dalam urusan pertahanan. Tapi juga mampu berinovasi.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
06 Mei 2020

kaltimkece.id Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di seluruh dunia, membuat setiap orang harus melakukan aktivitas dengan hati-hati. Salah satunya saat melakukan aktivitas jual beli dengan menggunakan uang tunai. Untuk itu, seorang prajurit TNI AD dari Kodim 0906/Tenggarong menciptakan inovasi baru berupa box sterilisasi.

Box sterilisasi dibuat dan dikembangkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Tabang Dim 0906/Tenggarong, Serda Nurdin. Ide membuat box sterilisasi itu muncul untuk memutus penyebaran Covid-19 yang dapat menyebar melalui perantara uang yang dipegang warga lain ke warga lainnya. Apalagi sang istri merupakan seorang pedagang. Sehingga muncul ide tersebut yang sebelumnya dipikir hanya untuk penggunaan pribadi.

Box sterilisasi uang tersebut dibuat dari alat sederhana. Terdiri dari tiga komponen utama, yakni rak, pemanas dan pengatur suhu. Proses pembuatannya pun tergolong tidak rumit.

Pertama, buat kotak dengan ukuran 40x20x15 sentimeter. Setelah itu, setiap sisinya dilapisi aluminium foil yang berfungsi sebagai pemantul panas. Lalu, rangkai tiga bohlam lampu sebagai sumber panas dengan dasar kasa untuk tempat uang dan yang terakhir atur suhu di 80 derajat celcius.

Serda Nurdin, menjelaskan, berdasarkan penelitian lembaga biologi molekuler, diyakini virus corona akan mati di suhu 56 derajat celcius dalam waktu 30 menit.

Sedangkan box sterilisasi uang yang telah dikembangkan tersebut dapat menghasilkan suhu 80 derajat celcius, sehingga dapat membunuh virus corona tidak lebih dari 10 menit. "Pembuatan alat ini tidak susah. Peralatan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Semoga alat ini bisa berguna dan membantu masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui alat pembayaran tunai, yakni uang," ucap Serda Nurdin.

Box sterilisasi uang tersebut mendapat apresiasi dan penghargaan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melalui video conference, pada Senin, 4 Mei 2020. Piagam penghargaan diserahkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara virtual kepada Serda Nurdin. Disaksikan para Kepala Staf Angkatan dan Pangkotama TNI. Penghargaan tersebut diberikan saat mengadakan evaluasi penanganan persebaran Covid-19 di seluruh Indonesia.

Dandim 0906/Tenggarong, Letkol Inf Charles Alling, bangga dan terhormat atas apresiasi yang diberikan Panglima TNI. Dirinya mengungkapkan, hal ini tidak akan dicapai tanpa adanya kerja sama seluruh pihak.

“Terus terang saya terkejut ketika diinformasikan terkait penghargaan ini. Karena pada dasarnya, seluruh jajarannya hanya menjalankan perintah dan instruksi dari Panglima TNI. Untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan penyebaran Covid-19. Khususnya di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar)," ucap Letkol Inf Charles Alling.

Para pedagang di pasar tradisional Tenggarong menyambut positif adanya alat sterilisasi uang yang dikembangkan Sertu Nurdin.

Pengembangan dan pembuatan box sterilisasi uang ini, nantinya digunakan di semua pasar tradisional di Kukar. Sebagai bentuk upaya Kodim 0906/Tenggarong memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar