Terkini

Dominasi Cluster Gowa di 70 Persen dari 225 Kasus Covid-19 Kaltim

person access_time 5 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1427 Kali
Dominasi Cluster Gowa di 70 Persen dari 225 Kasus Covid-19 Kaltim

Andi M Ishak menyorot cluster Gowa dan Magetan yang kasusnya terus meningkat belakangan ini di Kaltim. (repro)

Dari tujuh pasien terkonfirmasi positif 11 Mei 2020, lima merupakan kasus cluster Gowa.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
11 Mei 2020

kaltimkece.id Pasien virus corona bertambah lagi di Kaltim. Dua cluster mendapat perhatian utama. Selain pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan, kasus dari Magetan, Jawa Timur, belakangan terus bermunculan.

Seperti pada 11 Mei 2020 ini, dari tujuh kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim, lima merupakan bagian dari cluster Gowa. Sedangkan satu kasus lainnya cluster Magetan. “Cluster Gowa sampai saat ini memiliki proporsi 70 persen dari kasus konfirmasi di Kaltim. Porsi ini sangat besar mendominasi. Maka menjadi perhatian,” sebut Pelaksana Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi M Ishak, dalam rilisnya pada Senin petang.

Dengan tambahan tujuh pasien baru, angka kasus Covid-19 di Kaltim hingga sat ini telah mencapai 225 secara akumulatif. Tiga kasus berasal dari Samarinda dari tujuh pasien baru tersebut. Yakni kasus SMD 31, pria 28 tahun dari cluster Magetan. Dirawat sejak 28 April 2020 di Rumah Sakit Karantina Covid-19 Bapelkes Kaltim.

Dua kasus lainnya adalah SMD 32, laki-laki 33 tahun dari cluster Gowa, serta SMD 33, pria 36 tahun yang meninggal dunia pada 3 Mei 2020. Saat itu berstatus pasien dalam pengawsan (PDP). Sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda.

Kasus-Kasus Cluster Gowa

Empat kasus lainnya tersebar di tiga kabupaten. Dua di Kutai Barat, serta masing-masing satu di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Kesamaan antara keempatnya adalah sama-sama laki-laki dan bagian dari cluster Gowa.

Di Kubar, pasien KBR 17 berusia 43 tahun. Terkonfirmasi saat berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Sedangkan KBR 18 masih 20 tahun. Termasuk orang tanpa gejala (OTG). Keduanya kini dirawat di Rumah Sakit Pratama Kubar.

Sementara kasus positif di Kukar, KKR 25, berusia 21 tahun. Dirawat di Rumah Sakit Karantina Covid-19 Bapelkes Kaltim sejak 6 Mei 2020. Serta satu kasus PPU dengan kode PPU 18, pasien 35 tahun yang dirawat di RSUD Aji Putri Botung sejak 24 April 2020.

Berangsur Sembuh

Cluster Gowa dan Magetan merupakan kasus impor yang saat ini mendapat perhatian khusus di Kaltim. Khusus cluster Gowa, selain jadi sumber mayoritas kasus di provinsi ini, penularannya juga telah terjadi secara lokal. Baik dari lini keluarga hingga kelompok sekitar.

Dari cluster Magetan, saat ini telah ditetapkan 12 ODP, PDP, maupun OTG. Dengan tambahan satu kasus baru hari ini, berarti sudah sembilan pasien Covid-19 dari cluster Magetan. Empat lainnya masih menanti konfirmasi. Sedangkan yang negatif hanya satu orang.

“Meski demikian, seiring peningkatan kasus, kita patut bersyukur bahwa klaster Gowa sudah mulai banyak yang sembuh. Hingga saat ini sudah berjumlah 10 orang,” terang Andi M Ishak.

Terdapat empat pasien terkonfirmasi sembuh pada 11 Mei 2020 ini di Kaltim. Dua di antaranya kasus klaster Gowa. Yakni SMD 10, laki-laki 54 tahun yang dirawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie sejak 8 April 2020. Juga SMD 20, pria 44 tahun yang dirawat sejak 23 April 2020 di Rumah Sakit Karantina Covid-19 Bapelkes Kaltim.

Dua pasien lain adalah perempuan 25 tahun di Bontang, pelaku perjalanan dari Jakarta yang dirawat sejak 4 April 2020. Serta BPN 18, pasien 45 tahun yang dirawat Rumah Sakit Beriman Balikpapan sejak 2 April 2020.

Hingga saat ini, sudah 38 pasien sembuh dari virus corona di Kaltim. Sedangkan 184 lainnya masih dalam perawatan dan tiga kasus meninggal dunia. (*)

 

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar