Terkini

Kesan Mendalam dari Pasien SMD 16 yang Dinyatakan Sembuh setelah Sebulan Perawatan

person access_time 5 months ago remove_red_eyeDikunjungi 814 Kali
Kesan Mendalam dari Pasien SMD 16 yang Dinyatakan Sembuh setelah Sebulan Perawatan

Pasien SMD 16 dilepas petugas medis RSUD IA Moeis setelah dua kali berturut-turut negatif covid-19. (arditya abdul azis/kaltimkece.id)

Hati yang positif menjadi obat yang manjur. Termasuk untuk mengalahkan virus corona.

Ditulis Oleh: Arditya Abdul Azis
08 Mei 2020

kaltimkece.id Kabar buruk nyaris menjadi konsumsi hari-hari selama Covid-19 mewabah. Tapi asa dari kabar-kabar kesembuhan juga terus bermunculan. Seperti terdengar di Kaltim pada 8 Mei 2020 ini.

Dari sembilan kasus terkonfirmasi sembuh Jumat ini, salah satunya adalah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IA Moeis. Kasus dengan kode SMD 16 ini dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama satu bulan penuh di ruang isolasi. Pasien ini merupakan bagian dari klaster Gowa. Atau peserta Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan, pada pertengahan Maret 2020.

Dengan hasil swab negatif dua kali berturut-turut, berarti SMD 16 dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan untuk pulang. Setelah satu bulan, SMD 16 pun meninggalkan kesan mendalam terhadap tenaga medis yang merawatnya selama penyembuhan.

Direktur RSUD IA Moeis, Syarifah Rahimah, merupakan salah satu yang memiliki kesan positif. Ia memuji SMD 16 yang selama menjalani isolasi bersikap kooperatif dan ramah. Relasi pun terjalin baik. Bahkan RSUD IA Moeis mengantarkan langsung pasien tersebut sampai ke kediamannya.

Pasien tersebut pertama kali masuk rumah sakit rujukan Covid-19 milik Pemkot Samarinda pada 9 April 2020. "Dari hasil berturut-turut negatif, hari ini pasien diperbolehkan untuk pulang,” ucap Syarifah, Jumat sore, 8 Mei 2020.

Kendati telah dinyatakan sembuh, Syarifah mengingatkan pasien untuk tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. “Saya selaku Direktur RS IA Moies bersama seluruh pegawai isolasi sangat gembira karena beliau selama dalam perawatan menjaga keadaannya selalu ceria, sehingga keadaan ini mendukung juga untuk penyembuhan,” jelas Syarifah.

Lebih lanjut, Syarifah berterima kasih kepada seluruh tenaga medis yang senantiasa bekerja merawat pasien tersebut hingga dinyatakan sembuh. Sang pasien pun tidak dapat menutupi rasa bahagianya telah melewati masa isolasi.

“Saya dari hati yang tulus mengucapkan terima kasih banyak kepada para dokter dan seluruh jajarannya telah merawat saya dengan baik. Alhamdulillah, saya sudah sehat kembali. Terima kasih sekali lagi,” kata SMD 16.

Dari kantor Dinas Kesehatan Kaltim, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi M Ishak lewat telekonferensi, mengungkapkan bahwa pada 8 Mei 2020 ini, ada sembilan kasus terkonfirmasi sembuh di Kaltim. Empat di antaranya dari Samarinda. Sehingga total kasus sembuh di Bumi Etam saat ini adalah 22 pasien. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar