Terkini

Nakes RSUD AWS Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 15, Pelayanan Kian Dibatasi

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 840 Kali
Nakes RSUD AWS Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 15, Pelayanan Kian Dibatasi

Sebanyak 21 tenaga kesehatan di RSUD AWS terkonfirmasi positif Covid-19. (ilustrasi/freepick)

Semakin bertambah tenaga kesehatan rumah sakit rujukan Covid-19 di Samarinda terinfeksi virus corona.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
30 Juli 2020

kaltimkece.id Klaster RSUD Abdul Wahab Sjahranie bertambah. Dari enam jadi 21 kasus positif Covid-19. Menambah daftar panjang tenaga kesehatan atau nakes di Samarinda terpapar virus corona.

Kamis, 30 Juli 2020, sepukul 11.57 Wita, terkonfirmasi 15 kasus lain dari kalangan nakes RSUD AWS positif Covid-19. Ke-15 kasus baru tersebut merupakan hasil tracing dari petugas medis kontak erat kasus positif sebelumnya di rumah sakit pelat merah tersebut.

"Nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala. Melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan nakes dengan gejala sedang dirawat di ruang isolasi RSUD AWS,” sebut Kepala Instalasi Humas RSUD AWS, dr Arysia Andhina.

Terbentuknya klaster Covid-19 dari nakes RSUD AWS, membuat pelayanan fasilitas kesehatan tersebut mendapat pembatasan.

Jam besuk pasien tetap ditiadakan. Bagi penunggu pasien hanya diperbolehkan satu orang. Sedangkan pelayanan Intensive Care Unit (ICU) dan Intensive Cardiologi Care Unit (ICCU) juga masih belum menerima rujukan dari rumah sakit lain.

Adapun pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap dibuka. Namun dengan pembatasan pelayanannya. “Untuk pelayanan di poli rawat jalan yang tidak terkontaminasi, tetap berlangsung dengan pembatasan jumlah jam layanan," lanjut dr Arysia Andhina.

Dengan berbagai pembatasan tersebut, RSUD AWS mengimbau masyarakat dengan kasus yang tidak membutuhkan penanganan spesialis ataupun sub spesialis, dapat berobat ke fasilitas kesehatan lain di sekitar RSUD AWS. “Tak hentinya kami mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19," tutup Dokter Sisi, sapaan akrabnya.

Kasus nakes positif Covid-19 di RSUD AWS pertama kali terkonfirmasi pada Selasa sore, 28 Juli 2020. Enam nakes terinfeksi virus corona tersebut bertugas di ruang pelayanan ICU dan ICCU RSUD AWS.

Fasilitas kesehatan ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Samarinda dengan kapasitas 40 tempat tidur. Dua rumah sakit rujukan lain adalah RS Karantina Covid-19 Samarinda dengan kapasitas 40-80 tempat tidur dan RSUD IA Moeis berisi 6-10 tempat tidur. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar