Terkini

Pasien Kaltim Sembuh dari Covid-19 Meningkat, Kasus Terkonfirmasi juga Terus Bertambah

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 267 Kali
Pasien Kaltim Sembuh dari Covid-19 Meningkat, Kasus Terkonfirmasi juga Terus Bertambah

Kasus pasien sembuh dari Covid-19 terus bertambah di Kaltim. (ilustrasi/freepik)

Pasien Covid-19 sembuh terus bertambah. Tapi yang dirawat tetap tinggi karena masih saja ditemukan kasus positif.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
15 Mei 2020

kaltimkece.id Angka pasien Covid-19 di Kaltim dinyatakan sembuh konsisten bertambah. Belakangan terjadi tiap hari. Meskipun masih dibarengi penambahan kasus terkonfirmasi.

Jumat, 15 Mei 2020, pasien Covid-19 di Kaltim sembuh bertambah empat. Tiga di Samarinda dan satu di Balikpapan. Tiga di Samarinda seluruhnya laki-laki. Berasal dari cluster Gowa. Dirawat mulai 23-26 April 2020 di Rumah Sakit Karantina Samarinda (Bapelkes Kaltim). Ketiganya adalah SMD 21, usia 48 tahun; SMD 28, usia 32 tahun; dan SMD 29, usia 50 tahun.

Satu di Balikpapan adalah BPN 30, perempuan usia 30 tahun. Juga cluster Gowa yang telah di rawat sejak 18 April 2002 di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh berdasarkan hasil laboratorium BBLK Surabaya yang menyatakan dua kali hasil negatif. Serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dinyatakan secara klinis kondisi keempat pasien sudah sangat baik dan tidak ada gejala,” sebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak.

Tambahan Pasien Positif

Dalam rilisnya pada Jumat sore, 15 Mei 2020 tersebut, Andi juga mengumumkan tambahan kasus terkonfirmasi positif. Bertambah lagi 13 di Kaltim. Tujuh dari Kutai Kartanegara, tiga Kutai Timur, satu Paser. Serta masing-masing satu di Penajam Paser Utara (PPU) dan Samarinda.

Tujuh kasus di Kutai Kartanegara adalah KKR 34 sampai KKR 40, seluruhnya laki-laki, usia dari 20 tahun hingga 57 tahun. Ketujuh kasus ini merupakan hasil tracing cluster Gowa. Hasil rapid test sebelumnya reaktif. Dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara mulai 19 April-5 Mei 2020.

Tiga di Kutai Timur adalah KTM 33, perempuan, usia 48 tahun. Merupakan kontak erat dengan KTM 19 dari cluster Gowa. Dirawat di RSUD Kudungga Sangatta.

KTM 34, laki-laki, usia 57 tahun KTM 35, laki-laki, usia 37 tahun. Pelaku perjalanan dari Gowa. Dirawat di RSUD Kudungga Sangatta.  Satu kasus di Paser PSR 15, laki-laki 22 tahun. Pelaku perjalanan dari Gowa. Dirawat di RSUD Panglima Sebaya.

Satu kasus di Penajam Paser Utara (PPU) adalah PPU 19, laki-laki 33 tahun. Pelaku perjalanan dari Gowa. Dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung. Sedangkan satu kasus di Samarinda, SMD 34, laki-laki 39 tahun. Pelaku perjalanan dari Kalimantan Tengah. Dirawat di Rumah Sakit Karantina Samarinda (Bapelkes Kaltim).

Data terbaru kasus Covid-19 di Kaltim, Jumat, 15 Mei 2020, orang dalam pemantauan (ODP) 779 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 745 orang, negatif 301 orang, positif 251 orang, probable satu orang, sembuh 61 orang, dan meninggal dunia tiga orang. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar