Terkini

Polisi Angkut 29 Provokator dari Kericuhan Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Kaltim

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 1278 Kali
Polisi Angkut 29 Provokator dari Kericuhan Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Kaltim

Unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kaltim sebelum ricuh pada Senin, 12 Oktober 2020. (giarti ibnu lestari/kaltimkece.id)

Dari 29 demonstran yang diangkut ke Mapolresta Samarinda, enam orang mendapat hasil reaktif saat di-rapid test.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
13 Oktober 2020

kaltimkece.id Demonstrasi menuntut dicabutnya Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja di DPRD Kaltim berlangsung hingga malam pada Senin, 12 Oktober 2020. Massa aksi terpaksa dibubarkan paksa oleh aparat. Setelah berulang kali diimbau untuk membubarkan diri secara tertib.

Imbauan petugas tak juga diindahkan hingga kericuhan pun terjadi. Polisi mengamankan 29 demonstran yang diduga menjadi provokator serta melontarkan ujaran kebencian. Seluruhnya diangkut ke Marpolresta Samarinda, Jalan Selamet Riyadi, Sungai Kunjang, pukul 20.30 Wita.

"Kami bawa ke Polresta Samarinda. Dilakukan pendataan, pemeriksaan urine, dan rapid test. Enam di antaranya menunjukkan hasil rapid test reaktif dan langsung kami kembalikan ke keluarganya," sebut Kasubag Humas Polresta Samarinda, Ajun Komisaris Polisi Annisa Prastiwi.

Dari 29 orang yang berhasil diamankan polisi, empat di antaranya merupakan inti. Diduga melontarkan ujaran kebencian dan melakukan provokasi. Keempatnya berinisial AYB berstatus karyawan swasta, AU bekerja sebagai sales, RA alumni IAIN Samarinda, dan S berstatus honorer DPRD Kaltim.

"Keempatnya terindikasi melakukan ujaran kebencian, memprovokasi, dan melempar batu ke dalam (halaman Gedung DPRD Kaltim). Sampai saat ini kami belum menentukan statusnya karena kami hanya memiliki bukti rekaman video pelemparan dan ujaran kebencian," jelas AKP Annisa.

Sebanyak 29 demonstran yang diamankan tersebut dipulangkan secara bertahap. Terakhir yang dipulangkan adalah empat orang tersebut pada pukul 23.30 Wita kemarin. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar