Terkini

Pramuka Berbakti Tanpa Henti, Bangun Karakter Hingga Tumbuhkan Rasa Kesetiakawanan Pemuda

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 429 Kali
Pramuka Berbakti Tanpa Henti, Bangun Karakter Hingga Tumbuhkan Rasa Kesetiakawanan Pemuda

Pelantikan Andi Harun sebagai Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Samarinda masa bakti 2021-2026. (giarti ibnu lestari/kaltimkece.id)

Pendidikan kepramukaan bertujuan membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
16 Agustus 2021

 

kaltimkece.id Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka adalah wadah untuk membentuk karakter pemuda/pemudi, akhlak, dan kedisiplinan.

Sabtu, 14 Agustus 2021 merupakan Peringatan Hari Pramuka ke-60 dengan tema Berbakti Tanpa Henti. Bertepatan dengan hari bersejarah tersebut, dilakukan Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Samarinda masa bakti 2021-2026, Andi Harun.

Wali Kota Samarinda tersebut di lantik dan dikukuhkan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, M Hatta Zainal, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Jalan Mayor Jenderal S Parman, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.

Hatta Zainal mengatakan masa pandemi Covid-19 merupakan tantangan besar bagi bangsa Indonesia. Untuk itu keaktifan Satgas Covid-19 harus terus ditingkatkan. Salah satunya Satgas Covid-19 dalam organisasi pramuka.

Setelah dilantik sebagai Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Samarinda, Andi Harun kemudian melantik dan mengukuhkan Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso, sebagai Ketua Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Samarinda masa bakti 2021-2026.

Andi Harun mengatakan tantangan dan permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks. Sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya gerakan pramuka untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Di samping itu, tujuan dunia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, memiliki kecakapan, dan taat hukum. Dan ini yang menjadi modal untuk terus berkarya," ucap Wali Kota Samarinda itu.

Ditambahkan Rusmadi Wongso, berbagai kegiatan pramuka akan lebih ditingkatkan. Pramuka lebih ke pembinaan karakter. Jadi tentu kegiatan untuk pembinaan lebih ke arah penumbuhan rasa kepercayaan diri, menumbuhkan rasa disiplin, kemudian patriotisme, dan rasa kebanggaan menjadi warga bangsa Indonesia itu menjadi perhatian.

"Tentu ini tidak mudah. Kita akan terus menambah jumlah pembina dan pelatih pramuka. Kita akan terus melakukan kegiatan yang sifatnya bisa memotivasi adik-adik kita untuk bersaing, terutama untuk kepentingan diri pribadi, memiliki rasa peduli dan solidaritas. Untuk bisa menolong sesama teman dan masyarakat di lingkungannya," pungkas Rusmadi Wongso. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar