Terkini

Rekor Baru, 208 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Samarinda Dalam Sehari

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 905 Kali
Rekor Baru, 208 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Samarinda Dalam Sehari

Penyemprotan disinfektan oleh Disdamkar Samarinda setelah pemakaman pasien Covid-19. (istimewa)

Ledakan kasus terjadi di Samarinda. Lebih 200 sekaligus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
25 September 2020

kaltimkece.id Sebanyak 392 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim pada Jumat, 25 September 2020. Jumlah ini merupakan rekor terbanyak dalam sehari selama pandemi virus corona merundung Bumi Etam.

Secara nasional, jumlah kasus di Kaltim pada Jumat merupakan yang terbanyak ketiga. Daerah dengan jumlah kasus terbanyak adalah Jakarta dengan penambahan 1.171 kasus, diikuti Jawa Barat dengan 734 kasus terkonfirmasi. Sementara di Kaltim, penambahan 392 kasus dengan 208 di antaranya berasal dari Samarinda. Total kasus terkonfirmasi di Kota Tepian menjadi 2.255 kasus. Sementara itu, pasien yang sembuh bertambah 28 orang. Pasien yang masih dalam perawatan tersisa 733 orang di Samarinda, termasuk pasien yang isolasi mandiri.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, dr Ismed Kusasih, kasus-kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat ini, termasuk sampel yang telah diambil dari beberapa hari sebelumnya. Contohnya, 28 sampel yang diambil sejak lebih 10 hari lalu.

"Jadi hari ini, meskipun penambahan (kasus) tinggi, semua hampir kita dapatkan dari testing dan tracking (oleh tim surveillance kecamatan) sehingga kasus semuanya ringan. Jadi cukup isolasi mandiri. Kapasitas rumah sakit masih mampu," terang dr Ismed Kusasih. Ismed juga memperinci pasien Covid-19 yang dirawat di seluruh rumah sakit di Samarinda saat ini berjumlah 176 orang. Selebihnya atau 557 kasus positif yang lain menjalani isolasi mandiri.

Secara keseluruhan di Samarinda, total pasien sembuh ada 1.432 kasus. Sedangkan untuk kasus meninggal dunia ada 90 orang. (*)

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar