Terkini

Sebelas Kasus Sekaligus Terkonfirmasi di Berau, Total Kasus Covid-19 Kaltim Kini 134

person access_time 5 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1637 Kali
Sebelas Kasus Sekaligus Terkonfirmasi di Berau, Total Kasus Covid-19 Kaltim Kini 134

Infeksi virus corona terus ditemukan di Kaltim.

Peningkatan kasus covid-19 terus terjadi di Kaltim. Mayoritas bertambah dari pasien cluster Gowa.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
30 April 2020

kaltimkece.id Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis, 30 April 2020, di Kaltim bertambah 15 orang. Hingga total saat ada 134 kasus akumulatif. Sebanyak 15 tambahan kasus berasal dari 11 pasien di Berau, tiga Balikpapan, dan satu Bontang.

Sebelas kasus di Berau terkonfirmasi Covid-19, sepuluh di antaranya pasien dengan kode BRU 09 hingga BRU 18. Masing-masing usia 21 tahun hingga 54 tahun. Berjenis kelamin laki-laki dan seluruhnya pelaku perjalanan dari Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan.

Rata-rata mengalami keluhan batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan, serta memiliki gambaran bronchopneumonia dan pneumonia. Serta hasil rapid test sebelumnya reaktif. Sepuluh pasien tersebut saat ini dilakukan perawatan isolasi di Rumah Sakit Karantina Covid-19 di Berau.

Sedangkan satu kasus lagi adalah BRU 19, perempuan usia 23 tahun. Merupakan kontak erat dengan BRU 05. Saat ini dilakukan perawatan isolasi di RSUD dr Abdul Rivai, Tanjung Redeb, Berau.

Tiga di Balikpapan merupakan pasien dengan kode BPN 30, perempuan, usia 30 tahun, kontak erat dengan cluster Gowa dengan hasil rapid test sebelumnya reaktif terhadap Covid-19.

Sedangkan kasus BPN 31 laki-laki 35 tahun, pelaku perjalanan dari Surabaya. Memiliki gambaran bronchopneumonia. Sejak 21 April 2020 dirawat di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

BPN 32, laki-laki, usia 16 tahun, pelaku perjalanan dari Gowa. Dilakukan perawatan isolasi sejak 22 April 2020 di RSUD Beriman Balikpapan. Dengan hasil rapid test sebelumnya reaktif terhadap Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, mengatakan bahwa satu lagi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim dinyatakan sembuh. Adalah BPN 02. Dengan bertambahnya pasien sembuh, total sementara ini tercatat 13 pasien terkonfirmasi Covid-19 dinyatakan sembuh di Kaltim.

"BPN 02 adalah perempuan, usai 49 tahun, merupakan pelaku perjalanan dari Jepang. Ia dinyatakan sembuh oleh dokter penanggung jawab pasien khusus Covid-19 di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo setelah hasil pemeriksaan klinis kondisi pasien dalam keadaan baik. Di dukung dengan dua kali hasil swab test negatif," jelas Andi.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi negatif Covid-19 bertambah tiga orang. Dengan total seluruhnya ada 544 orang.  Satu kasus di Samarinda. Laki-laki, usia 25 tahun, pelaku perjalanan dari Makassar dan Banjarmasin. Dilakukan perawatan isolasi sejak 17 April 2020 di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Dan dua kasus di Balikpapan yang dirawat isolasi di Rumah Sakit Pertamina. Yakni perempuan, usia 51 tahun, dilakukan perawatan isolasi sejak 20 April 2020. Dan laki-laki, usia 29 tahun, dilakukan perawatan isolasi sejak 15 April 2020.

Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah dua kasus. Keduanya merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang hari ini terkonfirmasi positif Covid-19. Satu di Berau adalah perempuan, usia 23 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Yogjakarta. Dan satu di Bontang, laki-laki, usia 65 tahun. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar