Terkini

Setelah 46 Hari, Jembatan Mahkota II Dibuka Lagi dan Dinamai Jembatan Achmad Amins

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 2526 Kali
Setelah 46 Hari, Jembatan Mahkota II Dibuka Lagi dan Dinamai Jembatan Achmad Amins

Jembatan Mahkota II saat ditutup Pemkot Samarinda. (samuel gading/kaltimkece.id)

Penamaan menjadi Jembatan Achmad Amins karena mantan wali kota Samarinda tersebut pencetus pendirian jembatan ini.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
09 Juni 2021

kaltimkece.id Kamis, 9 Juni 2021 Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II Samarinda bakal dibuka kembali dengan pembatasan kendaraan yang lewat. Dan kabar yang tak kalah mencolok, adalah keputusan Wali Kota Andi Harun mengubah nama infrastruktur tersebut menjadi Jembatan Achmad Amins.

"Insya Allah jika tidak ada aral yang melintang, besok (Kamis, 10 Juni 2021), kami, tim Pemkot Samarinda akan ke Jembatan Mahkota II di sisi Sungai Kapih," ucap Andi Harun.

Pemkot Samarinda telah melakukan rapat internal membahas terkait perkembangan terakhir Jembatan Mahkota II. Dan dari rapat tersebut disimpulkan berdasarkan surat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bahwa jembatan tersebut bisa kembali dibuka secara terbatas.

“Untuk kendaraan roda dua dan roda empat pribadi. Untuk kendaraan roda dua umum, truk, dan sejenisnya belum kami perkenankan. Mengapa kebijakan itu dibuat? Besok kami berikan keterangan lebih lanjut di lokasi," sebut Andi Harun.

Kondisi Jembatan Mahkota II saat ini dipastikan aman oleh orang nomor satu di Samarinda tersebut. Namun ada satu hal teknis yang tak langsung diungkapkan oleh Andi. Tim Pemkot Samarinda melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda akan menyampaikan hal itu besok. "Sudah dilakukan penelitian dan relatif aman," sambungnya.

Sebelumnya, Minggu, 25 April 2021 abrasi terjadi di dekat pylon Jembatan Mahakam Kota II lantaran terpapar arus Sungai Mahakam di sisi Sungai Kapih. Abrasi tersebut sebagaimana pemeriksaan awal konsultan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda, membuat pylon jembatan bergeser 40 milimeter, yakni 7 milimeter ke kanan dan 33 milimeter ke bawah.

Jembatan Achmad Amins

Selain akan menjelaskan hal teknis terkait dibatasinya kendaraan yang boleh melintas, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, juga akan mencanangkan pergantian nama Jembatan Mahkota II menjadi Jembatan Achmad Amins.

Diberikan nama Jembatan Achmad Amins sebagai penghormatan dan rasa terima kasih karena mantan wali kota Samarinda itulah yang mencetuskan pembangunan jembatan tersebut.

"Jembatan yang tadinya dikenal sebagai Jembatan Mahkota II, besok Insya Allah kami menegaskan kembali penamaannya menjadi Jembatan Achmad Amins. Untuk nama sudah dikomunikasikan dengan keluarga," pungkas Andi Harun. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar