Terkini

Syaharie Jaang Dua Kali Diperiksa begitu Sampai Samarinda, Jumlah ODP Terus Bertambah

person access_time 11 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1058 Kali
Syaharie Jaang Dua Kali Diperiksa begitu Sampai Samarinda, Jumlah ODP Terus Bertambah

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang. (arditya abdul azis/kaltimkece.id)

Pencegahan Covid-19 masuk Samarinda terus dikemukakan. Bahkan wali kota pun harus tetap menjalani prosedur.

Ditulis Oleh: Arditya Abdul Azis
18 Maret 2020

kaltimkece.id Jumlah orang dalam pantauan atau ODP di Samarinda terus bertambah. Jumlahnya kini 210 orang. Satu di antaranya adalah Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang.

Status itu ditetapkan mengingat keberadaan Jaang yang baru tiba di Samarinda Selasa, 17 Maret 2020. Sebelumnya ia menghadiri Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu, 15 Maret 2020 lalu. Sebagaimana prosedur berlaku saat ini, siapapun yang baru datang dari daerah positif Covid-19, ditetapkan sebagai ODP.

Tiba di Samarinda, Jaang pun langsung menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Hasil uji thermal scanner di Bandara APT Pranoto, menunjukkan suhu tubuhnya di bawah 36 derajat. Sesampainya di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Jalan S Parman, Jaang kembali diperiksa tim medis RSUD Abdoel Moeis.

"Bapak sudah menjalani sejumlah pemeriksaan suhu tubuh dan dinyatakan sehat. Tidak ada batuk, demam, pilek, ataupun sesak napas. Jadi mungkin bisa beraktivitas. Enggak masalah. Tapi kami tetap pantau karena beliau dari wilayah terjangkit," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Samarinda, dr Osa Rafshodia.

Total ODP di Samarinda hingga Selasa, 17 Maret 2020, berjumlah 210 orang. Terjadi peningkatan 95 orang dari sehari sebelumnya hanya 115 orang. "Rata-rata masyarakat mulai sadar. Mereka sendiri lapor melalui call center 112 setelah bepergian dari daerah terjangkit. Jakarta, Jawa Tengah, Bali, maupun luar negeri," tegas Osa.

Sementara, untuk pasien dalam pengawasan yang diisolasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie, masih berjumlah tiga orang.

Ditambahkan Kabag Humas dan Protokol Setkot Samarinda Syahruddin,  untuk beberapa hari ke depan Jaang belum kembali aktif bertugas. "Mungkin enggak sampai 14 hari. Tapi sekarang intinya istirahat dulu," singkatnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar