Terkini

Tujuh Wilayah Transmisi Lokal di Kaltim, Cluster Magetan Mulai Menghantui

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1522 Kali
Tujuh Wilayah Transmisi Lokal di Kaltim, Cluster Magetan Mulai Menghantui

Pasien Covid-19 terus bermunculan di Kaltim. (ilustrasi/antara foto)

Kasus demi kasus Covid-19 terus terkonfirmasi di Kaltim. Hingga tujuh daerah telah didapati kasus transmisi lokal.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
05 Mei 2020

kaltimkece.id Wabah Covid-19 bergerak cepat. Menginfeksi orang ke orang. Baik pelaku perjalanan, orang dengan kontak erat, maupun orang tanpa gejala (ODP). Semua tak dapat dianggap remeh.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, mengatakan bahwa saat ini di Kaltim sudah ada tujuh wilayah transmisi lokal. Yakni Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, dan Berau.

Selasa, 5 Mei 2020, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kaltim, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah satu kasus. Hingga total mencapai 168 kasus.

"Dari 168 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim, 138 diantaranya merupakan kasus impor atau dari luar. Dan 30 kasus merupakan transmisi lokal," ucap Andi M Ishak.

Untuk cluster Gowa, hingga saat ini tercatat ada 749 pelaku perjalanan di Kaltim. 112 orang di antaranya terkonfirmasi Covid-19. Serta 22 orang dinyatakan negatif dan 80 lainnya masih menunggu hasil swab test laboratorium di Surabaya.

Selain itu ada cluster Magetan. Tercatat 74 pelaku perjalanan di Kaltim. Sebanyak 46 orang dari Samarinda, 24 orang dari Balikpapan, tiga di Kutai Kartanegara, dan satu di Paser.

Dari cluster Magetan tiga orang telah dinyatakan positif Covid-19. Satu orang negatif. Dan empat orang menunggu hasil swab test.

Pada 5 Mei 2020 juga ada tambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim. Yaitu dari Kutai Kartanegara dengan kode pasien KKR 14, laki-laki, usia 18, pelaku perjalanan dari Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan. Dilakukan perawatan isolasi sejak 23 April 2020 di Wisma Atlet Kutai Kartanegara.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi negatif Covid-19 ada dua kasus. Pertama dari Kutai Timur. Laki-laki, usia 14 tahun, merupakan PDP dari cluster Gowa. Dirawat isolasi di RSUD Kudungga Sangatta sejak 15 April 2020.

Kedua dari Bontang. Laki-laki, usia delapan tahun yang telah meninggal dunia. Yang telah di rawat di Rumah Sakit Islam Bontang dan RSUD Taman Husada Bontang pada 24 April 2020.

Sedangkan untuk PDP hari ini ada tambahan 13 kasus. 11 kasus di Kutai Kartanegara dan dua di Kutai Timur.

Data sementara per Selasa, 5 Mei 2020 kasus Covid-19 di Kaltim, tercatat krang dalam pemantauan (ODP) ada 8.252 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 593 orang, negatif 237 orang, positif 168 orang, probable satu orang, sembuh 13 orang, dan meninggal dunia dua orang. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar