Pariwara Mahakam Ulu

Betapa Strategisnya Kerja Sama Pemkab Mahulu dan FIA Universitas Indonesia

person access_time 4 months ago remove_red_eyeDikunjungi 292 Kali
Betapa Strategisnya Kerja Sama Pemkab Mahulu dan FIA Universitas Indonesia

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh dan Dekan FIA-UI Prof Chandra Wijaya mengen PKS antara kedua belah pihak, Senin, 31 Mei 2022. (kaltimkece.id/Nalendro Priambodo)

Kerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
Rabu, 01 Juni 2022

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA-UI) menandatangani nota kesepahaman Perjanjian Kerja Sama (PKS) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perjanjian dengan salah satu universitas terbaik di Indonesia ini memberi banyak keuntungan bagi kabupaten paling bungsu di Kaltim. Kesempatan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

Di bidang pendidikan, disampaikan Dekan FIA – UI Prof Chandra Wijaya ruang lingkup kerja sama kedua belah pihak dibuka dengan memberi kesempatan kepada ASN dan pimpinan di lingkungan Pemkab Mahulu melanjutkan studi dari jenjang S1 hingga S3. Menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan dan kemampuan daerah.  

Untuk mempermudah pembelajaran, FIA – UI telah membuat sistem bernama Center Independen Learning (CIL). Sistem berupa agregator ini untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Singkatnya, sistem ini memudahkan para mahasiswa mengurus administrasi perkuliahan dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing secara daring. Tak sampai di situ, para mahasiswa juga dimudahkan mengikuti kegiatan merdeka belajar, mencari mitra untuk menjalankan KKN, magang sampai penelitian di sistem tersebut. 

Bagi para ASN dan masyarakat di Mahulu, sistem pendidikan lewat CIL yang terintegrasi ini memberikan banyak keuntungan. Semisal contoh, jika ada 114 satuan kredit semeter (SKS) di jenjang S1 – 72 SKS bisa dijalankan lewat CIL Better sambil bekerja di tempat asal atau daring. Sisanya tinggal melanjutkan pertemuan tatap muka di Universitas di kelas sore. Atau program sarjana pararel kelas sore. 

“Program ini yang kami siapkan di Mahulu,” ujar Dekan FIA – UI Prof Chandra Wijaya ketika penandatanganan kerja sama dengan Pemkab Mahulu di ruang pertemuan FIA UI Depok, Selasa 31 Mei 2022. 

Bahkan, FIA-UI juga menyiapkan sistem pengumpulan kredit. Lewat sistem ini, calon mahasiswa S2 dan S3 asal universitas lain bisa mengambil paket belajar per mata kuliah di UI. Beberapa studi S2 dan S3 di FIA UI pun dinilai cocok dengan kebutuhan di Mahulu. 

Semisal contoh, program magister dan ilmu doktor administrasi dan pengawasan yang sangat membantu Aparat Pengawas Internal Pemerintah. Adapun, program studi administrasi pajak yang akan sangat membantu Mahulu menggali pajak dan retribusi daerah sebagai sumber pendapatan asli daerah. Tak ketinggalan program studi magister keuangan dan aset daerah lengkap dengan gelar sertifikasi profesi pemeriksa keuangan negara (CSFA). 

Baca Juga : Betapa Stategisnya Kerja Sama Pemkab Mahulu dan FIA Universitas Indonesia 

Sementara di bidang pemerintahan. Pemkab Mahulu dan UI juga menyepakati kerja sama di bidang kajian kebijakan, konsultasi dan pendampingan pada satuan kerja di Pemkab Mahulu. Termasuk peningkatan kapasitas ASN serta pendampingan pengelolaan keuangan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan dukungan tenaga ahli. 

Di bidang pengabdian kepada masyarakat, kedua belah pihak sepakat bekerja sama memberi kesempatan kepada dosen dan mahasiswa FIA-UI menjalankan riset dan magang mendukung MBKM. Tak sampai di situ, UI juga siap memberikan dukungan kegiatan lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya. Semua ini sejalan dengan semangat tri dharma perguruan tinggi. Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. 

“Keberadaan UI harus bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Prof Chandra. 

Bupati Bonifasius Belawan Geh sangat senang dengan kerja sama denga UI. Bupati menilai kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan FIA-UI sangat strategis. 

Mengingat, kabupaten paling bungsu di Kaltim ini sangat membutuhkan percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bupati ingin kabupaten yang berbatasan dengan Negeri Jiran Malaysia ini bisa sejajar dengan daerah lainnya. 

“Oleh karena itu, kita totalitas dan habis-habisan meningkatkan sumber daya manusia kita di Mahakam Ulu,” ujar Bupati Bonifasius ketika acara. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar