Pariwara Mahakam Ulu

Pariwisata Mahulu Akan Unggul Jika Dikelola Profesional

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 117 Kali
Pariwisata Mahulu Akan Unggul Jika Dikelola Profesional

Pengukuhan Pokdarwis Mange Hake dari Kampung Ujoh Bilang dan Hinaq Banguq Bagun Kampung Long Bagun Ulu Senin, 25 Oktober 2021 di Lamin Adat Ujoh Bilang. kaltimkece.id (Nalendro Priambodo)

Kuncinya adalah sumber daya manusia memiliki visi membangun pariwisata sebagai industri. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
27 Oktober 2021

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) meyakini sektor pariwisata bakal menjadi industri unggulan yang bisa mendongkrak pendapatan serta mendorong pembangunan di masa mendatang. Sebab, kabupaten berjuluk Urip Kerimaan ini memiliki potensi wisata alam dan budaya yang kuat. Oleh karena itu, Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh menitipkan pesan agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdariws) dan dinas terkait sungguh-sungguh menjalankan konsep pembangunan industri pariwisata agar masyarakat sejahtera. 

“Pariwisata akan bagus dan unggul jika dikelola secara profesional,” ujar bupati diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, E Tek Hen saat pengukuhan Pokdarwis Mange Hake dari Kampung Ujoh Bilang dan Hinaq Banguq Bagun Kampung Long Bagun Ulu Senin, 25 Oktober 2021 di Lamin Adat Ujoh Bilang.

Untuk itu, bupati menitipkan sejumlah pasan kepada aparatus kampung, petinggi, pokdarwis maupun dinas terkait agar sektor pariwisata Mahulu unggul dan profesional. Pertama yakni pelayanan. Bupati menyampaikan, agar pelaku yang bergerak di sektor ini memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan baik lokal maupun manca negara. 

“Kalau turis harganya jangan dinaikkan berkali-kali lipat. Hari ini kita untung, besok-besok orang akan jera datang untuk berbelanja,” katanya. 

Baca Juga : Pelajaran Dari Kunang-Kunang Penghasil Cuan, Pokdarwis Mahulu Disarankan Kreatif Gali Potensi Wisata Lokal

Pelayanan lain berkaitan dengan fasilitas penginapan. Meskipun belum memiliki hotel, para pemilik penginapan diimbau memberikan memberikan fasilitas yang layak, lengkap dengan harga bersaing. 

Lanjut dia menjelaskan, pelayanan kuliner juga sangat penting. Selain cakap mengolah kuliner, penduduk setempat diharapkan memberi pelayanan sesuai standar dan mutu yang terjamin. Kreativitas mengolah makanan ini bisa menjadi potensi wisata kuliner. “Cara promosi bisa online. Tidak perlu memanggil orang hebat. Bisa memakai media sosial seperti Youtube,” saran Asisten II. 

Dengan perencanaan yang matang dan dikelola profesional, bupati yakin sektor pariwisata di Mahulu akan menjadi industri yang menyejahterakan rakyat. Karena itu, tak heran sektor ini masuk satu di antara 10 program prioritas pembangunan Mahulu hingga 2024 mendatang. Ke depan sedang disusun perencanaan pusat pariwisata terpadu Mahulu di sekitar Batoq Tenevang di Kampung Long Melaham. 

Bupati menyadari, butuh banyak usaha agar sektor ini menjadi industri yang menjanjikan di masa depan. Karena itu, bupati berharap Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mampu menjadi fasilitator dan motivator pengembangan pariwisata Mahulu. Tak ketinggalan bupati berpesan agar Pokdarwis membantu masyarakat kampung mengembangkan pariwisata setempat. 

“Jangan hanya berpikir wisata di Bali. Kalau bisa kita memindahkan wisatawan ke Mahulu,” tutup E Tek Hen. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar