Pariwara Mahakam Ulu

Setiap Tahun Pemkab Mahulu Sekolahkan Ratusan Pelajar, Mahasiswa dan Guru ke Luar Daerah

person access_time 5 days ago remove_red_eyeDikunjungi 225 Kali
Setiap Tahun Pemkab Mahulu Sekolahkan Ratusan Pelajar, Mahasiswa dan Guru ke Luar Daerah

Ilustrasi kelulusan. (Istimewa)

Institusi pendidikan ternama yang menjadi rujukan melanjutkan studi.

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
13 Mei 2022

kaltimkece.id Pendidikan merupakan salah satu jembatan membangun kemajuan suatu bangsa. Beragam upaya dijalankan Pemkab Mahulu demi memastikan generasi penerus bisa memajukan kabupaten paling bungsu di Kaltim ini. Program menyeluruh dijalankan. Menyentuh kalangan pendidik, siswa dan mahasiswa. 

“Setiap tahun Pemkab Mahulu berikan beasiswa penuh dan simultan,” ujar Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun diwawancarai usai memimpin upacara Hardiknas 2022 di Alun – alun Ujoh Bilang, Jumat, 13 Mei 2022.

Program tahunan bernama Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu ini diberikan bagi kalangan mahasiswa. Lewat program ini mereka mendapatkan bantuan biaya pendidikan ke 20an universitas ternama di Indonesia. Tahun 2021 lalu, sedikitnya ada 116 calon mahasiswa penerima beasiswa yang mengikuti pengarahan sebelum berangkat kuliah. Ada pun untuk siswa dan pelajar kurang mampu dibantu Program Indonesia Pintar dari pemerintah pusat. 

Baca Juga : Pesan Bupati Bonifasius Kepada Penerima Beasisiswa, Pulang Bawa Ijazah Bukan Surat Nikah

Selain memberikan beasiswa, Pemkab Mahulu juga berupaya meningkatkan sumber daya pendidik dan tenaga non pendidik. Wabup menyarankan bisa dibuat sistem pemagangan – mirip seperti sistem penataran di masa lalu ke sejumlah institusi pendidikan ternama di Indonesia. Ini bertujuan agar para pengajar bisa semakin berkualitas dan mengikuti perkembangan zaman. 

Baca juga : Jalan Berliku Bupati Bonifasius Menimba Ilmu, Sempat DO karena Tidak Punya Biaya, Lanjut Kuliah di Usia Kepala Lima

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Pendidikan Menengah dan Pembinaan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Mahulu, Bungai memberi penjelasan tambahan. Rata- rata guru SD dan SMP di bawah kewenangan Disdik Mahulu sudah didorong mengikuti peningkatan kualifikasi pendidikan minimal S1.  

“Salah satunya lewat program beasiswa bantuan kepada guru meningkatkan kualifikasi dari Sekolah Profesi Guru menjadi S1,” ujar Bungai usai upacara. 

Baca Juga : Pesan Inspiratif Bupati Bonifasius, Lulus Kuliah di Usia 55 Tahun

Program yang dijalankan sejak 2016 lalu ini sedikitnya berhasil mendorong 200-300 orang per tahun menyelesaikan pendidikan. “Kita kerja sama dengan Universitas Terbuka dan Universitas di Yogyakarta,” ungkapnya. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar