kaltimkece.id Gerakan #sumbanglogokepemkotsamarinda memancing pergerakan masif muda-mudi Samarinda. Tak sedikit pegiat kreatif Kota Tepian turut serta. Dari semula berhadiah Rp 500 ribu, hingga Sabtu sore 2 Februari 2019, total hadiah uang tunai bertambah jadi Rp 5,2 juta.
Sayembara logo branding kota tersebut diinisiasi stand-up comedian Samarinda, Yogi Setiawan. Pangkal masalahnya, logo branding Magnificent Samarinda buatan Citiasia Inc sebagai pemenang tender, diduga plagiat. Di sisi lain, sayembara sebagai bentuk apreasiasi terhadap komunitas kreatif Kota Tepian yang karya-karyanya patut dibanggakan daerah sendiri.
Hingga Sabtu sore, sudah 64 logo branding disayembarakan via media sosial Instagram, di akun @setiawanyogy. Ratusan warganet terlibat menentukan rancangan mana berhak memenangkan sayembara.
Dari 64 post yang mengemuka, berikut rangkuman kaltimkece.id untuk karya dengan reaksi terbanyak netizen.
Hadiah Terus Bertambah
Inisiatif Yogi memancing banyak animo. Bukan sekadar mengikuti sayembara, tapi juga menambah besaran hadiah untuk pemenang. Gabungan dana dari donator mengumpulkan total uang tunai sebesar Rp 5,2 juta. Di samping itu, ada tambahan lain berupa vocer dari sektor kuliner hingga industri kreatif kota ini. Pemenang juga bakal mendapat tiket pulang pergi dari Samarinda ke salah satu kota besar di Indonesia, sumbangan seorang donatur yang namanya dirahasiakan.
Yogi sebagai penggagas masih terbuka jika ada donatur baru berniat partisipasi menambah hadiah uang tunai. Sedangkan bagi para warganet, terutama netizen Samarinda, dipersilakan memvoting karya favoritnya hingga Minggu, 3 Februari 2019, pukul 12 siang. (*)